Soal Pasangan Nikah Beda Agama, Uskup Agung Jakarta: Menikah Itu Hak Asasi Manusia

Soal Pasangan Nikah Beda Agama, Uskup Agung Jakarta: Menikah Itu Hak Asasi Manusia

Ayu Kartika Dewi adalah staf Presiden Jokowi yang menikah dengan pria bernama Gerald Sebastian. Keduanya memutuskan untuk menikah beda agama  karena keyakinan keduanya yang berbeda. Ayu beragama Islam dan Gerald beragama Katolik.

Mereka melangsungkan akad nikah dulu dan setelah akad nikah selesai langsung menggelar prosesi pemberkatan di Gereja Katedra Jakarta. Pemberkatan dipimpin oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr. Ingasius Kardinal Suharyo.

Dilansir dari Detik, Kardinal Suharyo memberikan pernyataan. Ia membenarkan jika dirinya yang memimpin pemberkatan itu. Kardinal Suharyo yang kebetulan menjadi Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) memberikan tanggapan soal pernikahan beda agama Ayu dan Gerald.

Soal Pasangan Nikah Beda Agama, Uskup Agung Jakarta, Menikah Itu Hak Asasi Manusia (Detikcom)

“Menikah itu hak asasi manusia, agama juga hak asasi. Jadi gereja dalam halini ordinaris wllayah memberi dispensasi untuk pernikahan beda agama,” kata Kardinal Suharyo bijaksana.

Lewat akun Instagram pribadinya, Ayu mengatakan bahwa ia akan menggelar pernikahan dengan Gerald. Ayu memohon doa agar pernikahannya diberika kelancaran. “Dengan penuh syukur kami memohon dukungan dan doa dari keluarga, sahabat, temen, dan semuanya untuk kelancaran pernikahan kami,” tulis Ayu di @ayukartikadewi.

Ayu memilih Gerald yang sehari-hari sebagai C-Founder Kok Bisa karena banyak faktor. Menurutnya Gerald telah memenuhi 97 dari 100 kriteria calon suami idamannya. Jadi hanya 3 yang tidak bisa terpenuhi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"