Simak Deh Penjelasan Kenapa Nggak Ada Orang Indonesia yang Bisa Disebut 'Pribumi'!

Simak Deh Penjelasan Kenapa Nggak Ada Orang Indonesia yang Bisa Disebut 'Pribumi'!

'Pribumi' menjadi kata-kata yang cukup sering disebutkan orang-orang Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Padahal, nggak ada orang Indonesia yang bisa disebut 'pribumi'.

Berarti siapa yang dimaksud dengan 'pribumi'?

Indonesia sendiri punya 230-an juta penduduk. Negara kepulauan ini punya banyak banget suku, bahasa, dan budaya. Kita semua juga punya perbedaan fisik, dan itu terjadi karena adanya percampuran genetik dalam tubuh manusia Indonesia.

Apakah orang Indonesia 100 persen pribumi? (setyoasaputra.com)

Profesor Herawati, peneliti dari Eijkman Institute menyebutkan bahwa percampuran genetik ini telah terjadi dalam tubuh selama ribuan tahun. 

Saat belum menjadi Indonesia, banyak orang dari berbagai belahan dunia datang ke negara kita. Mereka datang ke sini untuk bermigrasi.

Gelombang migrasi pertama terjadi sekitar 60.000 tahun lalu. Awalnya adalah orang-orang dari Afrika yang mulai menyebar ke berbagai daerah di dunia.

Saat itu, kepulauan yang sekarang terlihat di peta belum terbentuk. Pulau Sumatra, Jawa, dan Kalimantan masih jadi satu dataran luas yang disebut Sundaland. Luasnya mencapai 1.800.000 kilometer persegi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"