Siapa Pemilik San Diego Hills? Kompleks Pemakaman Mewah di Karawang

Siapa Pemilik San Diego Hills? Kompleks Pemakaman Mewah di Karawang

San Diego Hills dikenal sebagai pemakaman mewah di Karawang, Jawa Barat. Banyak orang yang sudah dimakamkan di sana, mulai dari pejabat hingga keluarga selebritis, bahkan terbaru artis Kiki Fatmala dimakamkan di San Diego Hills.

Mungkin belum banyak diketahui jika pemilik San Diego Hills adalah perusahaan Lippo Group. Perusahaan besar di Indonesia ini dimiliki oleh Mochtar Riady, salah satu konglomerat di Indonesia. Sebagai pengusaha sukses, Mochtar kabarnya memiliki 50 perusahaan di dalam dan luar negeri.

Selain memiliki kompleks pemakaman mewah San Diego Hills, Mochtar dan Lippo Group memiliki lini bisnis dalam bidang properti, media, telekomudikasi, retail, perhotelan, kesehatan, pendidikan, perbankan, hingga bisnis global.

Pemilik San Diego Hills (SWA)

Awal mula San Diego Hills dibangun adalah saat Orangtua Mochtar sudah meninggal dunia dan dimakamkan di Malang, Jawa Timur. Sebagai anak, Mochtar merasa kesulitan dan lelah jika harus berziarah ke makam orangtuanya, terlebih usia Mochtar memasuki 70 tahun. 

Selain terlalu jauh, Mochtar menganggap kondisi makam orangtuanya di Malang terlihat sangat menyeramkan dan menakutkan. Kemudian Mochtar berpikir untuk memindahkan makam orangtuanya dari Malang ke lahan pribadi miliknya di Karawang. Ia ingin mengubah stigma pemakaman tidak selalu menyeramkan, sehingga memutuskan untuk membuat kompleks pemakaman San Diego Hills.

Makam San Diego Hills resmi dibuka pada tahun 2007. San Diego Hills juga menjadi salah satu memorial park terbesar di Indonesia. Konsepnya mirip dengan pemakaman yang ada di Amerika Serikat bernama Forest Lawn Memorial Park. Makanya pemakaman ini sangat cantik dan indah. H

Hal itu dilakukan untuk membuat keluarga yang ditinggalkan bisa tenang dan nyaman ketika datang ke makam dengan konsep pemandangan indah. Salah satu pembeda yang terlihat San Diego Hills dengan makan lain seperti TPU adalah kesan horor dan angker. Di San Diego Hills terasa bukan seperti makam malah seperti taman, tidak akan menyeramkan. Berbeda dengan makam-makam di Indonesia yang bikin bulu kuduk merinding di malam hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"