Sempat Ramai, Bagaimana Hukum Menonton Wayang yang Sebenarnya Menurut Islam?

Sempat Ramai, Bagaimana Hukum Menonton Wayang yang Sebenarnya Menurut Islam?

Wayang merupakan budaya dan seni yang sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu. Sebagai sarana untuk menghibur orang, lantas bagaimana hukum menonton wayang  menurut agama Islam?

Belakangan ini ramai menjadi perbincangan publik mengenai ucapan Ustadz Khalid Basalamah beberapa tahun lalu yang diduga mengharamkan wayang. Melalui instagram resminya (14/2/2022), @khalidbasalamahofficial, beliau memberi klarifikasi dan permohonan maaf atas itu.

Hukum Menonton Wayang (via Kuliah Al Islam)

Dalam videonya itu beliau menerangkan bahwa kata-kata yang diucapkan saat itu tidak ada yang menyebut wayang haram. Beliau hanya mengajak untuk menjadikan Islam sebagai tradisi, bukan sebaliknya. Jika tradisi sejalan dengan Islam, itu tidak masalah.

Sementara itu, dalam sebuah dakwah yang tayang di YouTube Al-Bahjah TV (11/11/2020), Buya Yahya menjelaskan mengenai hukum menonton wayang dalam Islam. Beliau menyatakan bahwa jika ingin menekuni dunia pewayangan yang syari, harus mengikuti prinsip-prinsip agama Islam seperti yang dilakukan oleh Wali Songo, Sunan Kalijaga.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"