Daftar Nama Tokoh Wayang Kulit yang Populer, Lengkap dengan Karakternya

Daftar Nama Tokoh Wayang Kulit yang Populer, Lengkap dengan Karakternya

Wayang kulit menjadi kesenian tradisional asal Indonesia. Apalagi UNESCO pada 2003 lalu sudah menobatkan wayang kulit sebagai warisan budaya Indonesia yang berharga. Pertunjukan wayang adalah sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur atau disebut dengan Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity.

Bicara tentang wayang kulit terdapat beberapa tokoh yang terkenal. Kisah para tokoh wayang kulit biasanya diangkat dari kisah-kisah Weda yang dibagi menjadi tiga bagian yakni Mahabarata, Lokapala, dan Ramayana. Masing-masiing tokoh wayang kulit memiliki kesaktian dan kepribadian yang berbeda-beda.

1. Arjuna

Nama Arjuna menjadi tokoh pewayangan yang paling terkenal. Arjuna adalah anak Prabu Pandu Dewanata. Ia adik dari Bima. Wajah Arjuna sangat tampan dan memiliki kesaktian ajian naracabala. Arjuna memiliki senjata andalan yakni panah yang bisa dilepaskan untuk mengejar musuh. Panah milik Arjuna yang terkenal adalah Ardadedali dan Pasopati.

Tokoh Arjuna di Wayang Kulit (Pinterest)

2. Bima

Bima adalah kakak Arjuna adik dari Yudhistira. Bima memiliki karakter sebagai seorang ksatria. Tubuh Bima yang tinggi besar dan berotot membuat Bima selalu inginbertarung menghadapi banyak musuh. Bila Arjuna memiliki senjata panah, Bima memiliki senjata berupa kapak besar bernama Bergawa.

3. Yudhistira

Yudhistira merupakan putra sulung Pandu Dewanata. Yudhistira digambarkan sebagai seseorang yang sangat sabar dan murah hati. Hatinya yang bersih membuat Yudhistira selalu menegakan kebenaran. Secara spesifik memang Yudhistira tak memiliki senjata khusus namun dia memiliki kemampuan dengan menjinakan hewan buas di hutan cukup dengan meraba kepala mereka.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"