Sederhana Banget! Punya Harta Sebesar Rp444 Triliun dan Kaya Raya Se-Asia Tapi Hobinya Makan di Warung, Sepatunya Jebol Pula

Sederhana Banget! Punya Harta Sebesar Rp444 Triliun dan Kaya Raya Se-Asia Tapi Hobinya Makan di Warung, Sepatunya Jebol Pula

Orang kaya identik dengan gaya hidup yang glamor dan mewah. Rumah gedongan, mobil berjejer, perhiasan segambreng, makan di restoran, baju branded. Meskipun begitu, gak semua orang kaya punya standar seperti itu. Banyak juga lho orang tajir melintir tapi penampilan dan rumahnya biasa saja.

Salah satu contoh orang kaya raya yang punya pembawaan sederhana adalah keluarga Hartono. Bayangin aja, nilai kekayaannya mencapai Rp444 triliun! Tapi sukanya makan di warung makan yang merakyat. Sepatunya pun jebol!

# Keluarga Terkaya Se-Indonesia dan Keempat Se-Asia

Keluarga Hartono adalah konglomerat asal Indonesia. Namanya sudah femes di kalangan para bisnismen Indonesia bahkan se-Asia. Keluarga ini juga sudah sering dibahas di Majalah Forbes dan Bloomberg. 

Dua perusahaan besar yang mereka miliki adalah Perusahaan rokok Djarum dan Bank Central Asia.

Adalah Oei Wie Gwan, seorang yang membeli merek rokok dan memberinya nama Djarum di tahun 1950. Perusahaan rokok tersebut kemudian jadi salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia. 

Pada tahun 1963, Oei meninggal dunia. Lalu kemudian putranya Michael dan Budi melakukan diversifikasi dengan berinvestasi di BCA.

Berkat kerja keras dan ketekunan kedua bersaudara ini menjalankan bisnis, bisnis mereka pun berhasil berkembang dan meroket. 

Mengutip Bloomberg Billionaires Index, nilai kekayaan yang dimiliki keluarga Hartono adalah USD 31,3 miliar atau setara dengan Rp444,8 triliun.

Dengan kekayaan tersebut, keluarga Hartono otomatis adalah orang terkaya di Indonesia sekaligus terkaya ke-4 Se-Asia.

# Meski Kaya, Tetap Sederhana

Meski kaya raya, bos BCA dan Djarum ini punya gaya hidup yang sederhana. Di tahun 2019 lalu, Michael Bambang Hartono bahkan kedapatan sedang makan di sebuah warung makan sederhana di Karangsaru, Semarang.

Michael Bambang Hartono makan di warung sederhana di Semarang (akurat.co)

Michael Bambang Hartono makan tahu pong khas Semarang bersama dengan masyarakat biasa yang lain.

Ia juga tak menunjukkan sama sekali kemewahannya di saat makan di warung tahu pong tersebut. Dalam sebuah unggahan di Twitter yang viral oleh akun @ayudh69, Bambang Hartono tampak sangat sederhana.

# Makanan Favorit Orang Terkaya Indonesia

Tak hanya tahu pong, Bambang Hartono juga mengaku menyukai beberapa makanan lain seperti sate ayam, sop kaki kambing, sate kambing, ketika ditanyai menu makanan favoritnya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"