Pria Ini Disebut Sosok Pengakhir Pandemi Covid-19, Begini Faktanya

Pria Ini Disebut Sosok Pengakhir Pandemi Covid-19, Begini Faktanya

Seorang pria asal India disebut-sebut sebagai sosok yang bisa mengakhiri pandemi Covid-19. Ia adalah Adar Poonawalla, CEO dari Serum Institute of India (SII).

Pria yang juga dijuluki pangeran vaksin dari India ini juga berkontribusi dalam pembuatan vaksin Covid-19, yang merupakan cara untuk mengakhiri pandemi.

Ia berkomitmen untuk membuat jutaan dosis vaksin yang kala itu masih belum diketahui efektifitasnya. Adar rela menghabiskan uang hingga jutaan dolar untuk diberikan kepada fasilitas manufakturnya di India.

Sosok Adar Poonawalla, yang dianggap sebagai kunci dari berakhirnya pandemi Covid-19 (via detik.com)

Saat itu, vaksin yang diciptakan oleh Universitas Oxford dan AstraZeneca (AZN) masih dalam tahap uji klinis. Tak ada yang yakin berapa lama vaksin tersebut bisa berkembang dan berhasil.

"Itu adalah risiko yang diperhitungkan," ungkapnya. “Tapi saya tidak melihat pilihan pada saat itu, jujur saja. Saya hanya merasa menyesal jika tidak melakukan satu atau lain cara," kata Adar kepada CNN.

Untuk membuat rencananya berhasil, Poonawalla pertama-tama harus mengumpulkan hampir 1 miliar dolar AS. Selain itu SII juga telah berjanji untuk memberikan pasokan vaksin kepada negara-negara miskin.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"