Plis ... Jangan Makan Ini Kalau Nggak Mau Mimpi Buruk!

Plis ... Jangan Makan Ini Kalau Nggak Mau Mimpi Buruk!

Kalian pasti pernah deh mengalami mimpi buruk. Gak enak ya pas tidur lagi asik-asiknya gitu terus kebangun gara-gara mimpi buruk. Udah gitu, seharian kita jadi ngerasa cemas atau takut karena kepikiran terus.

Mimpi buruk umumnya terjadi karena seseorang sedang mengalami stres atau trauma masa lalu. Nggak cuma itu gengs, mimpi buruk ternyata juga bisa disebabkan apa yang kita makan.

Aduh ... mimpi buruk nih (womantalk.com)

Jadi, plis ... jangan makan makanan ini kalo kalian gak mau mimpi buruk. Apa itu?

Namanya "Nightmare Burger" yang dirilis dalam perayaan Halloween tahun 2018 lalu. Menu itu disajikan oleh sebuah restoran cepat saji Burger King.

Burger itu diklaim bisa menyebabkan kita bisa mimpi buruk gengs. Jose Gabriel Medina, seorang spesialis tidur atau somnlogist meneliti tentang hal ini. Dia meneliti sekitar 100-an orang untuk memakan burger itu sebelum tidur selama 10 hari.

Ini nih "Nightmare Burger" dari Burger King (abcnews.go.com)

Hasilnya ... sebagian besar orang 3,5 kali lebih sering mengalami mimpi buruk dari biasaya. Gokil kan?!

Medina menjelaskan bahwa kombinasi antara protein dan keju hamburger itu membuat seseorang jadi lebih rentan mengalami mimpi buruk. Jadi, buat kalian yang merasa terganggu dengan mimpi buruk, sebaiknya sih emang gak makan burger ini.

Penelitian serupa juga dilakukan oleh Nielsen, seorang dosen psikologi sekaligus ketua Dream and Nightmare Laboratory di Sacred Heart Hospital, University of Montreal, Kanada. Nielsen meneliti sekitar 400 mahasiswa untuk mengonsumsi makanan tertentu sebelum tidur.

Kalian makan apa sebelum tidur? Ngaruh lho (nbcnews.com)

Hasilnya, 17,8 persen dari responden mengalami mimpi buruk. Kualitas tidur mereka pun terganggu setelahnya.

Dalam prosesnya, mimpi buruk terjadi setelah 90 menit kita memejamkan mata. Saat proses itu terjadi, fungsi organ yang melambat pada fase rapid eye movement (REM), perlahan-lahan aktif kembali.

Nah, di saat itu pula otak kita mulai bereaksi dengan makanan yang kita makan sebelum tidur. Sebab, makanan akan mulai dicerna dan tubuh kita pun akan bereaksi.

Tubuh kita akan bereaksi terhadap makanan itu saat tidur (medicalnewstoday.com)

Mimpi buruk pun ternyata bisa disebabkan oleh makanan-makanan seperti produk olahan susu, makanan manis, makanan pedas, atau daging-dagingan. Yogurt dan mentega berisiko membuat kita mengalami mimpi buruk saat tidur.

Soalnya, kandungan nutrisi dalam makanan-makanan itulah yang bikin kita jadi mimpi buruk gengs. Nielsen menyampaikan bahwa makanan seperti hamburger memiliki lemak dan protein yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dipecah dan dicerna oleh tubuh. Makannya unik juga tuh "Nightmare Burger".

Perhatikan makanan yang kalian makan ya sebelum tidur (elitereaders.com)

Selain itu, makanan pedas misalnya, itu bisa meningkatkan suhu tubh yang seharusnya rendah saat kita tertidur. Kita akan gelisah saat tidur dan makanan pedas pun bisa memicu asam lambung sehingga perut kita akan terasa mules dan gak nyaman.

Di samping itu, makanan-makanan itu membuat sistem metabolisme tubuh bekerja jadi lebih cepat. Ini berkat sinyal-sinyal yang ditransmisikan oleh sistem pencernaan kita ke otak. Padahal saat tidur, harusnya otak kita juga ikut beristirahat ya.

Harusnya otak kita berhenti bekerja saat kita tidur, tapi ... (psychologenie.com)

Karena sinyal-sinyal itu, otak kita menganggap itu sebagai ancaman. Selanjutnya, alam bawah sadar kita menafsirkannya sebagai ... MIMPI BURUK!

Kalo kalian gak mau mimpi buruk yang cukup mengganggu, sebaiknya hindari makanan-makanan itu ya gengs. Ini demi kualitas tidur dan diri kalian setelah bangun tidur.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"