Planet Dalam dan Planet Luar, Masih Bingung Bedanya Apa? Begini Perbedaannya

Planet Dalam dan Planet Luar, Masih Bingung Bedanya Apa? Begini Perbedaannya

Planet dalam dan planet luar yang ada dalam sistem tata surya, sama-sama mengitari matahari. Pembagian antara planet dalam dan planet luar, sangat berhubungan dengan matahari. Ada 8 planet yang dikenal, yaitu Merkurius, Venus, Bumi, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.

Setelah mengetahui ada delapan planet dalam sistem tata surya. Lalu kedelapan planet ini dibagi menjadi planet dalam dan planet luar.

Planet dalam merupakan planet-planet yang posisinya berdekatan dengan matahari, seperti Merkurius, Venus, Bumi, dan Mars. Nah, kalo planet luar yang dikenal dengan istilah Gas Raksasa (Gas Giant) adalah planet yang terjauh dari Maatahari, seperti Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus. 

Kamu mesti banget tau, kalo planet dalam dan planet luar dipisahkan oleh sabuk asteroid, yaitu ada ribuan asteroid yang rutin mengelilingi Matahari di antara Jupiter dan Mars.

Yuk langsung aja simak, bedanya antara planet dalam dan planet luar baik dari segi ukuran sampai rotasi.

Ukuran

Ukuran Planet bumi termasuk planet paling besar dalam golongan planet dalam (radarpekalongan.co.id)

Perbedaan planet dalam dan planet luar  dari segi ukuran, planet dalam memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Merkurius yang tergolong planet dalam, memiliki ukuran paling kecil diantara yang lainnya, yaitu berdiameter 4.878 km.

Untuk planet dalam yang paling besar adalah bumi, yaitu berdiameter 12.756 km. Kalo planet luar, yang paling kecilpun masih lebih besar dari bumi gengs. Neptunus aja, berdiameter 49.552 km, yaitu sekitar 4 kali lipat dari bumi.

Sedangkan planet paling besar dalam planet luar adalah Jupiter, yaitu memiliki diameter 142.984 km. Tak hanya di dalam skala planet luar, namun juga planet Jupiter adalah planet terbesar dalam tata surya.

Kepadatan

Planet dalam mempunyai komponen yang menyatu bersama, makannya planet dalam cenderung punya ukuran yang lebih kecil dan juga padat. Sedangkan planet luar, yang berukuran lebih besar, namun elemen pembentukannya tak sepadat planet dalam gengs. Dan planet-planet luarpun bisa dibilang cukup ringan, dibandingkan sama ukurannya. Nah, itu perbedaan antara planet dalam dan planet luar dari segi kepadatan.

Cincin planet

Cincin planet Saturnus memiliki cincin planet (kembangpete.com)

Perbedaan selanjutnya antara planet dalam dan planet luar adalah dari segi cincin planet. Planet dalam tak memiliki cincin sama sekali, sedangkan planet luar semuanya punya cincin planet lho.

Cincin tersebut terbentuk dari satelit atau batuan yang mengitari planet, lalu hancur karena gaya gravitasi. Meski planet luar mempunyai cincin, tapi hanyalah planet Saturnus yang memiliki cincin yang jelas. Cincin Saturnus bisa lho terlihat dari bumi.

Rotasi planet

Rotasi planet Venus adalah planet dalam yang paling pelan (tekno.tempo.co)

Planet luar cenderung lebih cepat pada sumbunya, dibandingin sama planet dalam. Palent luar yang berputarnya paling lambat adalah Uranus, yaitu dengan waktu 17 jam 15 menit. Untuk planet yang tercepat adalah Jupiter, yaitu hanya butuh waktu 9 jam 55 menit.

Golongan planet dalam, yang paling pelan berputar adalah Venus yaitu 2433 hari. Sedangkan yang berputar paling cepat adalah bumi, yaitu 23 jam 56 menit.

Demikianlah perbedaan antara planet dalam dan planet luar. Sudah jelaskan kan sekarang? Tak usah bingung-bingung lagi deh, kalo lagi ditanya bedanya planet luar dan dalam.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"