Pertanyaan-pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan kepada Orang Keturunan Tionghoa, Bisa Bikin Mereka Nggak Nyaman

Pertanyaan-pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan kepada Orang Keturunan Tionghoa, Bisa Bikin Mereka Nggak Nyaman

Orang keturunan Tionghoa  kabarnya kurang nyaman ketika ditanya beberapa pertanyaan dari orang keturunan pribumi. Sebab pertanyaan-pertanyaan itu dianggap kurang mengenakan karena menyangkut harga diri. Dilansir dari TIONGHOA.INFO, berikut beberapa pertanyaan tersebut.

1.    Kenapa Nggak Buka Usaha Sendiri?

Orang keturunan Tionghoa selama ini dikenal sebagai orang yang ulet. Mereka lebih suka membuka usaha sendiri dibandingkan melamar kerja sebagai karyawan. Tapi tidak semua orang keturunan Tionghoa memiliki modal yang cukup besar, bakat jadi pebisnis, hingga membuka usaha sendiri.

Namun jika ada keturunan Tionghoa yang tidak membuka usaha, jangan pernah ditanya-tanya kenapa nggak busa usaha sendiri? Bisa jadi pertanyaan itu membuat perasaan mereka menjadi sedih atau jadi minder karena merasa gagal menjalani tradisi tersebut.

Pertanyaan-pertanyaan Ini Jangan Ditanyakan kepada Orang Keturunan Tionghoa, Bisa Bikin Mereka Nggak Nyaman (Tirto.ID)

2.    Kenapa Kulitnya Nggak Putih?

Body shaming kerap menyerang orang keturunan Tionghoa yang tidak memiliki kulit putih. Biasanya orang-orang dengan seenaknya bertanya kenapa kulitnya nggak putih? Padahal kan keturunan Tionghoa?

Memang orang keturunan Tionghoa selalu identik dengan kulit putih dan mata sipit. Sementara ada orang keturunan Tionghoa yang dari segi warna kulit tidak seputih orang keturunan Tionghoa kebanyakan. Bisa jadi orang itu tidak memiliki kulit putih karena dipengaruhi keturunan.

3.    Nama China Anda Siapa?

Meskipun lahir dan besar di Indonesia namun banyak orang keturunan Tionghoa yang memiliki nama lain selain nama Indonesia. Biasanya nama-nama itu adalah nama China yang diberikan keluarga. Tetapi pemberian nama tersebut konon sudah tak terjadi lagi.

Sebab pemberian nama-nama itu dilakukan zaman dulu. Jadi tidak semua orang keturunan Tionghoa memiliki nama China, apalagi anak-anak muda keturunan Tionghoa yang hidup di zaman modern. Jadi jangan sekali-sekali tanya soal nama China ya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"