Pemakaman Tionghoa Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Indonesia, Begini Penampakannya

Pemakaman Tionghoa Terbesar se-Asia Tenggara Ada di Indonesia, Begini Penampakannya

Pemakaman  khusus Tionghoa  dikenal memiliki bentuk yang besar dan luas. Ternyata pemakaman Tionghoa terbesar se-Asia Tenggara ada di Indonesia, tepatnya di Pangkalpinang, Bangka Belitung.

Nama kompleks pemakaman itu adalah Pekuburan Sentosa atau Tjung Hoa Kung Mu Yen. Luas pemakaman ini mencapai 19.945 meter yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta. Lokasi makam cukup strategis karena menjadi jalan utama penghubung Bandara Depati Amir dengan pusat kota.

Dilansir dari Detikcom, pendiri pemakaman ini terdiri dari empat orang, mereka adalah Yap Fo Sun, Chin A Heuw, Yap Ten Thiam, dan Lim Sui Chian. Meskipun pemakaman khusus Tionghoa namun ada dua makam muslim yang “nyempil” di dalam kompleks pemakaman itu. Belum diketahui apa alasan dua makam muslim ada di dalamnya.

Pemakaman Tionghoa Terbesar di Asia Tenggara Ada di Indonesia (Tribun)

Sejauh ini ada belasan ribu makam di dalam kompleks pemakaman tersebut. Setiap makam memiliki keunikan karena dibentuk dalam arsitektur yang cukup megah khas makam Tionghoa. Bahkan ada salah satu makam yang dibangun dari batu granit senilai Rp 500 juta.

Sebagai pemakaman terbesar di Asia Tenggara, setiap waktu tertentu banyak orang berziarah ke makam untuk melakukan tradisi berdoa dan sembayang. Salah satunya saat momen Ceng Beng atau Qing Ming setiap tanggal 5 April.

Saat perayaan itu, keluarga orang yang dimakamkan di tempat itu berbondong-bondong datang ke lokasi makam untuk berdoa secara khusus untuk arwah keluarga yang dimakamkan. Konon ramainya acara Ceng Beng itu melebihi perayaan Imlek.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"