Mengenal Kebudayaan Kalimantan Selatan, Dari Rumah Adat Hingga Upacara Pernikahan

Mengenal Kebudayaan Kalimantan Selatan, Dari Rumah Adat Hingga Upacara Pernikahan

Apakah kalian pernah mendengar suku Banjar yang dianggap sebagai nenek moyang penduduk Madagaskar? Seperti apa sejarah dan kebudayaan suku Banjar yang berasal dari Provinsi Kalimantan Selatan? Yuk simak rangkumkan di bawah untuk lebih mengenal kebudayaan Kalimantan Selatan .

Begitu banyaknya etnik suku bangsa yang ada di Indonesia menjadikan negara ini mempunyai banyak kebudayaan dan bahkan beberapa kebudayaan Indonesia jadi mendua. Salah satu kebudayaan yang ada di Indonesia berasal dari kebudayaan suku Banjar. Seperti diketahui, suku Banjar merupakan salah satu suku terbesar yang ada di Indonesia dan tinggal di wilayah Kalimantan Selatan.

Sebagai salah satu suku terbesar di Indonesia, suku Banjar punya karakteristik kebudayaan. Pelembagaan budayanya merupakan produk dari pengadaptasian, pengasimilasian dan pengakulturasian dari budaya dasar suku Banjar dengan Hindu, Budha serta Islam. Oleh karena itu, dalam setiap bentuk adat istiadat yang ada di dalam tradisi suku Banjar, akan dijumpai hasil dari perpaduan nilai-nilai tersebut. Untuk lebih mengenal kebudayaan Kalimantan Selatan, berikut beberapa adat suku Banjar yang memperlihatkan ciri khas yang ada di kehidupan suku Banjar.

Rumah Adat

Mengenal Kebudayaan Kalimantan Selatan (via Celebes)

Rumah adat suku Banjar yang terkenal adalah Bubungan Tinggi. Disebut Bubungan Tinggi karena konstruksi bangunan rumah mempunyai bagian yang menjulang lancip ke atas.

Kesenian



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"