Pengibaran Bendera Ukuran Raksasa, Bikin Syahdu dan Bangga Jadi Orang Indonesia

Pengibaran Bendera Ukuran Raksasa, Bikin Syahdu dan Bangga Jadi Orang Indonesia

Kemerdekaan Indonesia diperingati dengan berbagai cara. Tapi yang paling umum adalah upacara bendera. Setiap upacara pasti ada pengibaran bendera merah putih. Lalu bagaimana jadinya kalau bendera yang dikibarkan berukuran raksasa?

Tradisi mengibarkan bendera ukuran raksasa ini kayaknya udah mulai berkembang di seluruh Indonesia. Biasanya tradisi ini dilakukan di tempat-tempat wisata. Tujuannya buat menarik wisatawan biar tertarik ikutan upacara. Kan asyik tuh, liburan dapet, upacara dapet.

Daripada penasaran, ini dia daftar pengibaran bendera ukuran besar di Indonesia:

1. Gunung Munara

1. Gunung Munara Pengibaran bendera Merah Putih di Munara (indeksberita.com)

Ukuran bendera merah putih yang dikibarkan adalah 6 x 22 meter. Bendera sebesar itu dibawa ke puncak Gunung Munara, Bogor, Jawa Barat. Terus dibentangkan di tebingnya. Wah, ajaib banget rasanya pas lihat bendera merah putih di Munara. 

Inisiatif ini dilakukan warga desa. Tradisi pengibaran bendera di Munara udah dilakukan selama 4 tahun ini. Warga desa percaya, kalau Bung Karno yang keren itu pernah datang ke Munara buat mikirin soal kemerdekaan Indonesia. Acara di Gunung Munara ini bahkan diadakan pas tanggal 12 Agustus 2018.

2. Gunung Sepikul

2. Gunung Sepikul Pengibaran bendera Merah Putih di Sepikul (Breakingnews.co.id)

Ukuran bendera yang dibentangkan di Sepikul lebih gede dari yang di Munara. Ukurannya 20 x 30 meter. Bayangin deh gimana perjuangan bawa bendera sebesar itu ke atas gunung. Bendera ini dibentangkan di salah satu tebing Sepikul. Pengibarannya pas tanggal 16 Agustus 2018.

Acara ini adalah inisiatif warga Trenggalek, Jawa Timur. Dari warga desa sampai komunitas yang ada di Trenggalek. Perlu 8 orang pemanjat profesional buat bisa naikin bendera merah putih ke puncak tebing. Begitu sudah di puncak, rasanya pasti bangga banget nih.  

3. Gunung Api Purba Nglanggeran

3. Gunung Api Purba Nglanggeran Pengibaran bendera Merah Putih di Nglanggeran (youtube.com)

Ukuran bendera yang dikibarkan di sini adalah 28 x 42 meter. Berat benderanya adalah 200 kilogram. Bendera sebesar itu dikibarkan di salah satu tebing di Nglanggeran, Gunungkidul, Yogyakarta. Acara upacara dan pengibarannya dilakukan pas tanggal 13 Agustus 2018.

Momen upacara dan pengibaran ini diharapkan bakal mancing orang buat liburan di Nglanggeran. Daya tariknya jadi nambah soalnya. Udah gitu kan rasanya jadi bangga banget ngeliat bendera Indonesia ukuran besar di tebing yang ukurannya juga besar. Kesannya jadi epik banget.


Pokoknya, Dirgahayu Republik Indonesia!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"