Penampakan Ujung Rel Kereta Api Paling Barat Pulau Jawa, Ternyata Dekat Selat Sunda

Penampakan Ujung Rel Kereta Api Paling Barat Pulau Jawa, Ternyata Dekat Selat Sunda

Rel kereta api yang berada di Pulau Jawa menghubungkan daerah Merak di Barat Pulau Jawa hingga kawasan Banyuwangi, Jawa Timur. Ujung rel kereta api paling barat Pulau Jawa ada di dekat Stasiun Merak, sementara ujung rel kereta api paling timur di Pulau Jawa ada di Stasiun Ketapang.

Stasiun Merak sendiri berada dalam kawasan Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten. Lokasi stasiun ini sangat dekat dengan Selat Sunda yang merupakan jalur penyebrangan kapal dari Jawa menuju Sumatera atau sebaliknya. Banyak penumpang kapal laut yang menuju Pelabuhan Merak menggunakan kereta api.

Stasiun Merak juga menjadi tempat yang cukup strategis. Tidak hanya menjadi tempat penumpang naik dan turun kereta api saja, tetapi jadi titik permulaan kereta api pengangkut batubara yang datang dari Sumatera. Batubara yang dibawa kereta api nantinya akan dikirim ke beberapa daerah di Pulau Jawa. 

Ujung Rel Kereta Api Paling Barat Pulau Jawa (YouTube Ridwan Firdaus)

Sebagai stasiun kereta api di daerah barat membuat ujung rel kereta api paling barat di Pulau Jawa ini mirip dengan jalan buntu. Di ujung rel kereta terdapat sebuah tanda khusus sebagai peringatan bahwa rel itu adalah titik terakhir di bagian barat Pulau Jawa. Di dekat titik itu juga ada tembok sebagai pembatas stasiun dengan pelabuhan.

Biasanya bagian lokomotif kereta api yang tiba di Stasiun Merak langsung berjalan ke depan atau ke titik terakhir ujung rel kereta api itu untuk proses berputar ke arah sebaliknya menuju Rangkasbitung. Lokomotif yang sudah berputar akan kembali melanjutkan perjalanan menuju tujuan Rangkasbitung di Banten.

Jika ujung rel kereta api paling barat Pulau Jawa dekat dengat Selat Sunda, ujung rel kereta api paling timur di Pulau Jawa juga dekat dengat Selat Bali.  Tepatnya berada di Desa Ketapang, Kalipuro, Banyuwangi. Lokasi titik paling timur ini berada di seberang Terminal Bahan Bakar Minyak, Banyuwangi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"