Terungkap! Begini Potret Ujung Rel Kereta Api Paling Timur Di Pulau Jawa, Lokasinya Dekat Pulau Bali

Terungkap! Begini Potret Ujung Rel Kereta Api Paling Timur Di Pulau Jawa, Lokasinya Dekat Pulau Bali

Seperti yang diketahui, rel kereta api  sangatlah panjang yang terhubung dari satu daerah ke daerah lainnya. Seiring dengan ini, tidak sedikit dari kamu mungkin bertanya-tanya, apakah rel kereta api ada ujungnya? Ataukah kereta api dibuat tidak berujung mengelilingi suatu pulau?

Pertanyaan ini pun akhirnya terjawab. Ternyata, kereta api memiliki ujung. Salah satu ujungnya ada di bagian paling timur Pulau Jawa. Lokasi tepatnya ada di sekitar Stasiun Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur. Hal ini terungkap dari konten video yang diunggah PT. Kereta Api Indonesia (KAI) melalui akun TikTok-nya, @KAI121.

Di situ juga dijelaskan, dulunya, stasiun paling timur Pulau Jawa ini bernama Stasiun Banyuwangi Baru (BWB) yang diresmikan pada 7 September 1985. Namun, per 1 Desember 2019, atas usulan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, stasiun ini berganti nama menjadi Stasiun Ketapang (KTG).

Foto: Stasiun Ketapang (TikTok)

Menariknya, Stasiun Ketapang berbatasan langsung dengan Selat Bali. Stasiun ini pun hanya berjarak 100 meter dari Pelabuhan Ketapang. Jarak yang begitu dekat ini untuk memudahkan pemenuhan kebutuhan transportasi yang sinergi antara kereta api dan kapal feri.

Jadi para penumpang bisa melanjutkan perjalanan dengan menggunakan kapal feri untuk pergi ke Pulau Dewata, Bali. Adapun ujung timur rel kereta api terbilang jarang terlihat. Pasalnya, lokasinya yang terbilang cukup jauh dari stasiun.

Petugas pun harus menempuh perjalanan yang cukup melelahkan untuk sampai kesana. Terlebih lagi, ujung rel kereta api paling timur Pulau Jawa ini juga tertutup kebun tebu, gudang, dan rerimbunan semak belukar, yang membuatnya sulit diakses.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"