Orang Hindu Tidak Makan Daging Sapi, Ternyata Ini Asal-Usulnya

Orang Hindu Tidak Makan Daging Sapi, Ternyata Ini Asal-Usulnya

Setiap agama memiliki larangan yang dijalani oleh umatnya. Misalnya umat Islam tidak makan daging babi karena haram. Termasuk agama Hindu  yang dipercaya memiliki larangan pada umatnya untuk mengkonsumsi daging sapi. Lalu kenapa orang Hindu  tidak makan daging sapi

Sapi bukan dianggap haram oleh umat Hindu melainkan hewan yang dalam agama Hindu sebagai hewan mulia dan simbol kesucian. Melansir dari berbagai sumber, sejarah penganut Hindu tidak makan daging sapi sudah terjadi sejak lama, bahkan saat peradaban Veda. 

Sapi digambarkan sebagai wujud atau lambang dari ibu pertiwi yang memberikan kesejahteraan di muka bumi. Menurut Washington Post, umat Hindu tidak melihat atau menganggap sapi sebagai bagian dari para dewa, namun mereka percaya bahwa sapi adalah sesuatu hal penting yang harus dirawat dan dilestarikan supaya tidak punah.

Orang Hindu Tidak Makan Daging Sapi (Tribun)

Bahkan umat Hindu dalam peradaban masa lalu mengaitkan sapi dengan Aditi, ibu dari semu dewa. Bahkan pada 19 November dikenal dengan Hari Sapi atau Gopastami. Biasanya Hari Sapi ini dirayakan oleh umat Hindu di India dan banyak masyarakat libur untuk merayakan hari penting itu.

Ada pula yang beranggapan jika sapi adalah hewan yang bisa menghasilkan lima hal berguna untuk kehidupan sehari-hari. Sapi bisa memproduksi susu, keju, butter, urine, dan kotoran sapi. Kelima unsur tersebut bisa digunakan untuk kehidupan sehari-hari, kecuali daging sapi yang dilarang dimakan.

Lantas bagaimana dengan kehidupan umat Hindu di Indonesa? Apakah mereka meniru kebiasaan orang Hindu di India? Ternyata umat Hindu di Indonesia khususnya di Bali juga tidak makan daging sapi. Ajaran bahwa sapi adalah hewan suci yang mulia mereka percayai sampai sekarang dan selama-lamanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"