Misteri Hewan dan Tumbuhan Nusantara di Relief Borobudur yang Susah Diidentifikasi, Ini Fakta Menariknya!

Misteri Hewan dan Tumbuhan Nusantara di Relief Borobudur yang Susah Diidentifikasi, Ini Fakta Menariknya!

Siapa sih yang nggak tahu Candi Borobudur? Candi yang terletak di Magelang, Jawa Tengah ini menyimpan banyak hal misterius yang sampai sekarang ilmuwan masih mencoba cari tau jawabannya.

Soal siapa yang membangun, arsitek, fungsi, dan sebagainya masih menjadi bahan penelitian sampai sekarang. 

Candi Borobudur mempunyai bentuk stupa dan didirikan oleh penganut agama Buddha Mahayana kira-kira pada tahun 800-an Masehi di masa pemerintahan wangsa Syailendra. Ini menjadi salah satu monumen Buddha terbesar di dunia.

Flora dan Fauna di Candi Borobudur

Flora dan Fauna di Candi Borobudur Candi Borobudur (wikipedia.org)

Nah, pada dinding candi Borobudur ada panel-panel relief yang dibuat dengan sangat teliti. Pola relief candi Borobudur punya gaya naturalis. Relief-relief itu merupakan gambaran kehidupan masyarakat Jawa saat candi dibangun.

Selain itu, ada banyak gambar flora dan fauna pada Relief Lalitavistara. Di situ terlihat ada berbagai hewan yang hidup di hutan dan berdampingan dengan masyarakat. Ada juga pepohonan yang jadi latar tempat. Sang Buddha di tengah gambar penduduk, hewan, dan pepohonan. 

Yang jadi pertanyaan, terdapat hewan dan tumbuhan apa aja sih di relief itu? Ahli Flora LIPI Dr Destario Mestusala S.P.,M.Sc mengatakan kalo proses identifikasi flora dan fauna di relief candi Borobudur cukup menantang. Hal ini karena obyeknya adalah batu yang menggambarkan wujud flora dan fauna di masanya. Ahli Fauna LIPI Dr. Cahyo Rahmadi pun menyebut proses identifikasi sulit karena informasi dan data morfologi yang terbatas. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"