Miris Ya, Indonesia Masuk Peringkat 10 Besar Negara dengan Utang Terbesar di Dunia

Miris Ya, Indonesia Masuk Peringkat 10 Besar Negara dengan Utang Terbesar di Dunia

Kabar buruk datang dari Bank Dunia yang memasukkan Indonesia sebagai negara dengan utang luar negeri terbesar di dunia tahun lalu. Dengan pendapatan rendah, utang Indonesia punya jumlah yang fantastis yaitu mencapai USD 402,08 atau setara Rp5.900 triliun, dengan nilai tukar Rp14.732 per dolar AS.

Berdasarkan data terbaru pada Senin 12 Oktober kemarin dari laporan Statistik Utang Internasional (IDS) yang dipublikasikan Bank Dunia. Indonesia kini menempati posisi ke 6. Setelah beberapa negara seperti India, Meksiko, Brasil, Turki, dan Rusia.

Dalam laporan Statistik Utang Internasional itu juga, ditunjukkan utang luar negeri dari 120 negara berpenghasilan rendah dan menengah tahun 2019.

Total utang luar negeri negara-negara tersebut mencapai 8 triliun dolar AS. Atau tumbuh 5,4 persen seperti tahun-tahun sebelumnya.

# Utang Luar Negeri Indonesia

# Utang Luar Negeri Indonesia Ilustrasi utang luar negeri Indonesia (ekbis.sindonews.com)


Utang Indonesia sendiri mengalami pertumbuhan secara bertahap sejak tahun 2009. Besaran utang pada tahun 2019 sendiri telah tumbuh 6% dibanding tahun 2018. Namun, jika dihitung dari tahun 2009, utang Indonesia telah mengalami kenaikan hingga 124%. Wiiiihhh~



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"