Mengenal Paham Radical Feminism, Salah Satu Upaya Menghapus Penindasan Terhadap Perempuan

Mengenal Paham Radical Feminism, Salah Satu Upaya Menghapus Penindasan Terhadap Perempuan

Radical feminism  merupakan salah satu cabang pergerakan melawan diskriminasi gender yang tercipta oleh sistem patriarki. Berbeda dengan cabang lainnya, di sini mereka tidak berfokus pada pemerataan distribusi kekuasaan, melainkan pada upayanya untuk mengubah seluruh struktur masyarakat, terutama peran gender tradisional.

Upaya menghilangkan patriarki ini dilakukan melalui organisasi, kelompok, atau grup-grup kecil. Dengan saling berbagi pengalaman pribadi sebagai perempuan, mereka secara khusus bertujuan untuk memperjuangkan derajat perempuan dengan cara meningkatkan kesadaran setiap individu.

Radical Feminism (via IISAUC)

Para feminis radikal meyakini bahwa tindakan mengontrol kehidupan yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan adalah bentuk penindasan yang paling dasar dalam penindasan umat manusia dan paling banyak terjadi di mana-mana. Kontrol yang dimaksud meliputi kontrol kepada kehidupan seksual dan reproduksi, identitas, harga diri, hingga kepercayaan diri perempuan. Dan, ini adalah masalah yang sulit dibasmi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"