Menengok Makam Maulana Malik Ibrahim, Sang Bapak Wali Songo

Menengok Makam Maulana Malik Ibrahim, Sang Bapak Wali Songo

Berkunjung atau berziarah ke makam para ulama memang sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia sejak dulu, khususnya bagi umat Islam. Dari banyaknya makam ulama yang ada di Indonesia, salah satu yang masih ramai dikunjungi hingga sekarang yakni makam Maulana Malik Ibrahim yang berada di Kabupaten Gresik.

Maulana Malik Ibrahim merupakan sunan paling tua yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, oleh karena itulah ia dijuluki sebagai Sang Bapak Wali Songo. Ia datang ke Indonesia tahun 1391 Masehi pada zaman Raja Hyang Wisesa Wikramawardhana. Saat itu mayoritas penduduk Pulau Jawa masih beragama Hindu dan Budha.

Makam Maulana Malik Ibrahim (via Tribunnews)

Pada mulanya, selain berdagang dan menyebarkan agama Islam, ia juga dikenal sebagai seorang tabib yang dapat menyembuhkan segala macam penyakit. Keahliannya itulah yang membuat Maulana Malik Ibrahim mendapat hati di masyarakat Jawa kala itu.

Maulana Malik Ibrahim memliki beberapa nama lain, seperti Syekh Maghribi, Makhdum Ibrahim Al-Samarqandi, dan yang paling terkenal adalah Sunan Gresik. Ia wafat pada 12 Rabiul Awal 822 Hijriyah (1419 Masehi) dan dimakamkan di Gresik, tepatnya di Jalan Malik Ibrahim, Desa Gapuro Sukolilo.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"