Ternyata Ini Alasan Kenapa Para Wali Songo Menyebarkan Agama di Pesisir Utara Pulau Jawa

Ternyata Ini Alasan Kenapa Para Wali Songo Menyebarkan Agama di Pesisir Utara Pulau Jawa

Wali Songo  atau sembilan wali dikenal sebagai penyebar agama Islam di pulau Jawa . Uniknya sebaran dakwah para Wali Songo dimulai di kawasan utara pulau Jawa. Termasuk makam-makam Wali Songo banyak ditemui di beberapa tempat di pulau Jawa bagian utara.

Misalnya di wilayah Jawa Timur bagian utara ada Sunan Gresik, Sunan Giri dari Gresik, Sunan Ampel, Sunan Bonang dari Tuban, Sunan Drajat di Lamongan. Lalu di kawasan Jawa Tengah bagian utara yakni Kudus ada Sunan Kudus dan Sunan Muria, Sunan Kalijaga di Demak. Jawa Barat bagian utara yakni Sunan Gunung Jati dari Cirebon.

Dalam buku “Jejak Para Wali dan Ziarah Spiritual” terbitan Kompas, daerah kawasan pesisir utara di Jawa itu dekat dengan pusat kegiatan ekonomi, politik, dan kebudayaan nusantara. Belum lagi pulau Jawa dianggap sebagai magnet karena banyak pedagang berdagang di Jawa.

Wali Songo Menyebarkan Agama di Pulau Jawa (Liputan6.com)

Para Wali Songo itu sepertinya ingin mendekati para pedagang untuk menyebarkan agama Islam, sehingga para pedagang akan menyebarkan Islam ke kampung halaman mereka sepulang dari pulau Jawa.

Beberapa kota di Jawa Timur juga merupakan kota Pelabuhan yang dekat dengan pantai, seperti Gresik, Lamongan, dan Surabaya. Juga ada di kawasan Jawa Tengah seperti Kudus, Demak, dan Cirebon yang dulu memiliki pelabuhan yang ramai.

Dalam buku itu tertulis bahwa setelah kekuatan ekonomi beralih dari Jawa Timur ke Jawa Tengah setelah kerajaan Majapahit Goyah akibat diserang kerajaan Kediri pada 1478. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"