Mana yang Lebih Utama dalam Islam, Menikahi Gadis atau Janda? Begini Penjelasan Ustaz

Mana yang Lebih Utama dalam Islam, Menikahi Gadis atau Janda? Begini Penjelasan Ustaz

Menurut Islam, pernikahan merupakan sunnah Nabi. Menikah dianjurkan untuk dilaksanakan oleh semua umat Islam. Dalam kondisi tertentu, hukum menikah bisa jadi wajib, makruh, sunnah, atau bahkan haram.

Nah, sebagai pria yang sudah usianya untuk menikah dan sedang mencari pasangan, kamu mungkin sempat bertanya-tanya. Apakah ada hukumnya tentang menikahi janda, atau mana yang lebih diutamakan: menikahi gadis atau janda?

Supaya gak bingung, yuk intip penjelasan ustaz berikut ini.

Akad nikah (indozone.id)

# Penjelasan Ustaz tentang Menikahi Janda atau Gadis

Dalam buku "Serial Hadist Nikah 1: Anjuran Menikah dan Mencari Pasangan" terbitan Rumah Fiqih Publishing, ustaz Firman Arifandi menjelaskan yang paling utama menurut hadits adalah menikahi gadis ketimbang janda. Ustadz Firman menerangkan, bagi setiap pria yang hendak menikah disarankan mencari perempuan yang masih gadis atau perawan.

Tak hanya bagi pria. Bagi wanita pun juga sama. Wanita dianjurkan untuk memilih/menikahi pria yang perjaka ketimbang duda.

"Hendaklah kalian menikah dengan perawan, karena mereka lebih segar mulutnya, lebih banyak anaknya, dan lebih ridha dengan yang sedikit." (HR Ibnu Majah)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"