Makin Sering Bertengkar, Ini Penyebab Pasangan Berubah Sikap Setelah Punya Anak

Makin Sering Bertengkar, Ini Penyebab Pasangan Berubah Sikap Setelah Punya Anak

Kehadiran seorang anak adalah momen menggembirakan yang ditunggu hampir semua pasangan. Meski demikian, tak bisa dipungkiri bahwa hal ini juga bisa menjadi tantangan besar dalam pernikahan. Pasalnya, walau tidak semua, banyak orang mulai merasakan perubahan yang intens dalam rumah tangga setelah si kecil hadir ke dunia.

Banyak pasangan yang merasakan perubahan sikap, salah satunya mudah tersulut emosi. Alhasil, pertengkaran lebih sering terjadi dibandingkan dengan sebelum punya anak. Mengapa hal ini bisa terjadi? Dilansir dari Healthline, berikut ini beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab pasangan berubah sikap:

1. Perubahan Prioritas dan Peran

Penyebab Pasangan Berubah Sikap Setelah Punya Anak (via Haibunda)

Sebelum memiliki anak, pasangan mungkin lebih fokus pada satu sama lain, karier, atau kegiatan sosial. Namun, dengan hadirnya anak, prioritas dapat bergeser secara alami ke peran dan tanggung jawab baru sebagai orang tua.

Faktanya, menjadi orang tua bukan hal mudah karena melibatkan penyesuaian besar dalam peran dan tanggung jawab. Pasangan mungkin harus belajar bagaimana membagi tugas, mengatasi tantangan bersama, dan beradaptasi dengan perubahan gaya hidup.

Perubahan inilah yang seringkali menimbulkan perasaan tertekan sehingga membuat emosi menjadi lebih fluktuatif. Pasangan mungkin merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan peran baru ini, yang dapat memengaruhi bagaimana mereka berinteraksi satu sama lain. Meski demikian, umumnya kondisi ini akan membaik seiring waktu jika kedua belah pihak berkomitmen untuk melaluinya dengan baik.

2. Kehilangan Waktu Bersama



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"