Luksemburg Siap Gratiskan Semua Transportasi Umum, W-O-W!

Luksemburg Siap Gratiskan Semua Transportasi Umum, W-O-W!

Luksemburg merupakan sebuah negara dengan luas wilayah yang cukup kecil di dunia. Luasnya hanya 2.585 kilometer persegi, dan terletak di antara Belanda, Belgia, dan Prancis.

Nah, baru-baru ini tersiar kabar bahwa pemerintah Luksemburg akan menggratiskan semua transportasi umum di sana. Rencana itu adalah salah satu alasan pemerintah untuk mengatasi kemacetan lalu lintas.

Bus kota di Luksemburg (flickriver.com)

Bukan cuma lalu lintas aja nih, sebagaimana dilansir TheGuardian.com via Tribun-Jogja, pemerintah Luksemburg ternyata juga fokus pada isu lingkungan. Demikian, Luksemburg menjadi negara pertama di dunia yang akan menggratiskan transportasi publiknya demi mengatasi kemacetan.

Rencana menggratiskan transportasi publik itu mencakup tarif kereta api, trem, serta bus. Meski begitu, kabar gembira ini baru bisa direalisasikan pada musim panas tahun mendatang.

Kemacetan di Luksemburg (luxtimes.lu)

Sebagaimana diketahui, Kota Luksemburg sendiri masuk dalam daftar kota yang memiliki kemacetan lalu lintas terburuk di dunia. Padahal kota ini hanya dihuni oleh sekitar 110.000 orang aja. Tapi, 400 ribuan orang melakukan perjalanan ke pusat kota untuk bekerja.

Rencana penggratisan transportasi publik ini merupakan langkah pemerintah setelah terpilihnya lagi Xavier Bettel sebagai perdana menteri Luksemburg. Dalam sumpahnya, lingkungan menjadi prioritasnya dalam janji-janjinya selama kampanye pemilihan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"