Kumpul Keluarga Malah Bikin Cemas, Jangan-Jangan Kamu Mengidap Gangguan Ini!

Kumpul Keluarga Malah Bikin Cemas, Jangan-Jangan Kamu Mengidap Gangguan Ini!

Kumpul keluarga saat Lebaran tentunya menjadi momen yang dinanti-nantikan oleh sebagian besar orang, terutama bagi mereka yang tinggal jauh dari kampung halaman. Namun tahu nggak sih bahwa ternyata tak semua orang berpikir begitu? Bagi beberapa individu, momen kumpul keluarga malah bikin cemas dan nggak nyaman. 

Hal ini bisa terjadi karena berbagai macam alasan, misalnya munculnya konflik dalam keluarga atau karena ada salah satu atau beberapa orang yang dianggap toksik. Namun jika kamu mengalami hal ini tanpa alasan yang jelas, hal ini bisa menjadi tanda adanya gangguan psikologis yang serius, seperti fobia sosial. Lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini!

Apa Itu Fobia Sosial?

Fobia Sosial saat Kumpul Keluarga (via Cantika)

Fobia sosial, juga dikenal sebagai gangguan kecemasan sosial, adalah kondisi psikologis yang ditandai oleh rasa ketakutan atau kecemasan yang berlebihan dalam situasi sosial atau kumpul keluarga.

Orang dengan fobia sosial sering merasa khawatir akan dipermalukan, diejek, atau dihakimi oleh orang lain. Padahal, hal itu tidak selalu terjadi dan bisa jadi adalah sebuah kekhawatiran tanpa alasan. 

Gejala Fobia Sosial



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"