Kisah Yasuke yang Misterius, Samurai Berkulit Hitam Pertama dari Jepang

Kisah Yasuke yang Misterius, Samurai Berkulit Hitam Pertama dari Jepang

Kisah para samurai tak pernah lepas dari sejarah dan budaya Jepang. Samurai biasanya menjadi garda terdapan dalam setiap peperangan jaman dulu.

Umumnya, para samurai adalah seorang yang berasal dari Jepang. Mereka sangat terlatih dalam berbagai teknik pedang, bela diri, dan bertahan hidup. Tapi ternyata ... ada juga lho seorang samurai yang bukan orang Jepang.

Sejarah Jepang pernah mencatat sebuah nama yaitu Yasuke. Yasuke emang nama Jepang yang cukup terkenal pada abad ke-16. Tapi orang itu tidak lahir dan dibesarkan di Jepang.

Para samurai umumnya kan orang Jepang ya ... (kompas.com)

Asal-usul Yasuke sendiri masih misterius. Dia adalah orang Afrika yang kemungkinan lahir pada tahun 1555 atau 1556 silam. Itu juga masih belom pasti. Yang pasti ... Yasuke pernah menjadi sosok yang mengejutkan dalam sejarah Jepang.

Sejarawan juga gak yakin dengan pasti asal-usul nama Yasuke itu. Tapi kemungkinan besar 'Yasuke' adalah nama Jepang dari nama aslinya.

Ada yang menyebut lelaki ini berasal dari Mozambik. Tapi ada juga yang bilang dia berasal dari Angola atau Ethiopia. Karena misterius banget, ada juga yang mengatakan kalo Yasuke adalah seorang budak yang lahir di Portugal atau Eropa.

Yasuke dibawa ke Jepang tahun 1579 oleh misionaris Yesuit bernama Alessadro Valignano. Valignano datang ke Jepang dalam rangka mengunjungi misi yang telah berdiri di sana.

Tapi abad ke-16 silam ada samurai berkulit hitam pertama di Jepang (philasun.com)

Ketika di Jepang, Yasuke yang memiliki ciri fisik kulit hitam dan badan yang lebih besar dari orang Jepang pun langsung menarik perhatian banyak orang. Orang-orang pun langsung menemuinya di sebuah gereja yang dibangun para Yesuit di Kyoto. Yasuke pun langsung mendapat perhatian dan minat para bangsawan Jepang.

Nah, kehebohan tentang kedatangan Yasuke ke Jepang ini bahkan menarik perhatian Daimyo Oda Nobunaga. Tuan Nobunaga pun langsung pengin ketemu dengan Yasuke waktu itu.

Setelah bertemu, Nobunaga sempat ragu akan kulit hitam Yasuke. Yasuke malah disuruh melepas bajunya dan menggosok kulitnya untuk menunjukkan bahwa warna hitam itu bukanlah tinta dan emang warna kulit beneran.

Setelah terbukti warna kulitnya, Oda Nobunaga juga terkesan akan tinggi badan Yasuke. Lelaki berdarah Afrika itu punya tinggi badan 182 centimeter. Ukuran itu jauh lebih tinggi dari tinggi badan lelaki Jepang yang rata-rata 152 centimeter.

Gak pake babibu, Oda Nobunaga pun langsung menjadikannya seorang punggawa dan pengawalnya. Sampe akhirnya Yasuke dijadikan seorang samurai tahun 1581 dan ditugaskan untuk berjaga di Kastil Azuchi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"