Kisah Cinta Romeo dan Juliet yang Berujung Tragis Ternyata Udah Ada Duluan Sebelum Shakespeare Lahir

Kisah Cinta Romeo dan Juliet yang Berujung Tragis Ternyata Udah Ada Duluan Sebelum Shakespeare Lahir

Kita udah gak asing lagi deh sama kisah cinta yang gak direstui orang tua. Biasanya kedua orang tua dari sepasang kekasih itu bermusuhan atau malah bertikai pula.

Cerita cinta yang begini bisa kita lihat sehari-hari di sinetron, drama romantis, FTV, dan lain sebagainya. Formulanya emang begitu, bisa jadi happy ending atau malah bitter ending~

Kisah cinta macam ini ternyata emang formula lama sih. Udah jadi drama selama berabad-abad. Apalagi sejak kisah cinta Romeo dan Juliet dikenal dunia.

Kisah cinta Romeo dan Juliet (time.com)

Kisah cinta Romeo dan Juliet adalah mahakarya dari penyair ternama asal Inggris, William Shakespeare. Aslinya, cerita ini berjudul "The Tragedy of Romeo and Juliet" yang dibuat pada tahun 1595 silam. Udah tua banget gengs.

Karya Shakespeare itu telah berulang kali diadaptasi menjadi karya mulai dari teater hingga film. Yang cukup terkenal sih kisah cinta Romeo dan Juliet yang dibintangi aktor Leonardo DiCaprio dan aktris Claire Danes di film "Romeo + Juliet" tahun 1996.

Tapi ternyata ... kisah cinta Romeo dan Juliet ini sebenarnya tidaklah gagasan langsung dari Shakespeare lho gengs.

William Shakespeare (madametussauds.com)

Kisah cinta sepasang kekasih yang berujung tragis ini sebenarnya terinspirasi dari sebuah karya yang udah ada beberapa abad sebelumnya. Bahkan jauh William Shakespeare lahir.

Situs Ancient Origins menulis bahwa kisah tersebut pernah ditulis oleh seorang lelaki asal Italia, Masuccio Salernitano. Romeo dan Juliet versi Italia ini bahkan udah ada sejak tahun 1476 gengs!

Tokoh Romeo dan Juliet dalam versi Italia yang lebih tua ini bernama Mariotto dan Giannoza. Pasangan ini dikisahkan berasal dari Keluarga Maganelli dan Saraceni. Kedua keluarga itu juga diceritakan berseteru.

Mariotto dan Giannoza yang udah jatuh cinta itu kemudian menikah diam-diam. Mereka pun hidup bahagia meski kawin lari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"