Kisah Ching Shih: Dari PSK Jadi Bajak Laut Dengan 80000 Anggota Perompak

Kisah Ching Shih: Dari PSK Jadi Bajak Laut Dengan 80000 Anggota Perompak

Kalau penggemar bajak laut tentunya kenal dengan sosok Henry Morgan dan Blackbeard alias Edward Teach yang jadi bajak laut paling kejam di tahun 1670 dan 1710-an.

Tapi selain mereka ada satu lagi nih bajak laut yang ditakuti dan tak kalah seram. Bukan Davey Jones dengan kapalnya Flying Dutchman ya wkwkkw, itu legenda doang.

Melainkan seorang perempuan mantan Pekerja Seks Komersial alias PSK asal China. Ching Shih namanya. Bisa dibilang ia sukses jadi bajak laut karena punya 80.000 anggota perompak. Waduh!

Kisah Ching Shih

Kisah Ching Shih Ilustrasi Ching Shih (MacOrionPath.WordPress.com)

Sejarahnya dimulai pada abad ke-19. Ketika Ching Shih yang merupakan mantan PSK dari rumah bordil terapung di Kota Kanton dinikahi oleh Cheng I, seorang bajak laut terkenal yang beroperasi di Laut China pada Dinasti Qing. Berkat kecerdasannya, ia dapat mengembangkan bisnis suaminya, bahkan harta yang diwariskan Shih lebih banyak ketimbang Cheng. 

Dijelaskan dalam buku “Pirates of the South China Coast” karya Dian H. Murray, Cheng I adalah komando yang tangguh di kapal bajak laut Armada Bendera Merah. Dia berhasil menyatukan banyak organisasi bajak laut di China. Cheng menikahi Ching Shih yang berusia 26 tahun pada 1801. 

Menurut rumor yang beredar, Cheng menikahi Ching Shih karena ia dikenal sebagai pengusaha cerdik. Kemampuan Ching Shih dalam bisnis dipelajari saat dirinya bekerja sebagai pelacur. Ia mampu menjalin hubungan politik dengan para pengusaha kaya raya. Bukan hanya itu, mereka bahkan tunduk di bawah kekuasaan Ching Shih. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"