Bajak Laut Identik dengan Satu Mata Tertutup, Ternyata Ini Lho Alasannya

Bajak Laut Identik dengan Satu  Mata Tertutup, Ternyata Ini Lho Alasannya

Karakter seorang bajak laut  pada film atau serial kartun selalu memiliki ciri khas pada bagian mata. Mata bajak laut selalu ditutup satu mata oleh sebuah kain penutup warna hitam yang diikat. Penampilan bajak laut dengan mata tertutup benar-benar misterius dan menakutkan.

Tapi apakah sudah tahu kenapa mata bajak laut selalu tertutup satu? Alasanny bisa berdasarkan ilmiah. Misalnya mata dapat melihat benda karena ada cahaya yang dipantulkan benda tersebut ke arah mata. Namun jika terlalu banyak atau tidka ada cahaya maka mata tidak dapat dilihat dengan jelas.

Sementara organ mata menjadi sangat penting bagi seorang bajak laut. Sebab bajak laut berada di dek atas dan bawah kapal untuk memantau target yang berada di depannya, atau sekedar memperhatikan kondisi sekeliling kapal yang ia naiki. 

Bajak Laut Identik dengan Satu Mata Tertutup (IDN Times)

Saat bajak laut berada di dek atas tentu penglihatannya harus dijaga karena di bagian atas kapal sangat terang karena siraman cahaya matahari yang terik dan pantulan cahaya yang datang dari air laut. 

Sementara bagian kapal di bawah sangat gelap. Biasanya bajak laut ketika berada di bawah kapal hanya memperhatikan bagian mesin kapal apakah ada kerusakan atau tidak. Tapi tetap saja perbedaan kondisi cahaya yang berbeda membuat mata bajak laut harus disesuaikan makanya penting menutup satu mata.

Sementara itu para peneliti sampai saat ini belum menyimpulkan apakah bajak laut dalam dunia nyata benar-benar menggunakan penutup mata atau tidak. Dilansir dari Kompas.com, catatan militer Amerika di tahun 1995, para prajurit memang diinstruksikan untuk menutup mata sata bertemu cahaya terang agar penglihatan dapat beradaptasi dengan kegelapan saat operasi di malam hari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"