Lupanar dari Pompeii, Rumah Bordil Paling Terkenal di Zaman Kerajaan Romawi

Lupanar dari Pompeii, Rumah Bordil Paling Terkenal di Zaman Kerajaan Romawi

Industri seks ternyata tidak hanya terjadi di masa sekarang. Pada zaman Kerajaan Romawi di Italia dulu, diketahui sudah ada rumah bordil. Tempat singgah para lelaki hidung belang untuk mencari kesenangan sesaat.

Rumah bordil yang diketahui bernama Lupanar dari Pompeii ini ditemukan terkubur karena letusan gunung berapi, yakni tragedi Gunung Vesuvius. Para ahli arkeologi berhasil menggalinya dan menemukan sejumlah bukti keberadaanya. Apa saja yang mereka temukan gengs, simak daftarnya di bawah ini.

1. Penemuan Lupanar

1. Penemuan Lupanar Rumah bordil Lupanar dari zaman Kerajaan Romawi (theunionjournal.com)

Lupanar dari Pompeii pertama kali digali pada 1933, bangunan ini diberi nama sesuai tulisan Latin yang ditemukan di bagian pintu masuknya. Di sana tertulis 'Amantes, ut apes, vita(m) mellita (m) exigunt. Velle.' Tulisan itu bermakna 'Pecinta itu seperti lebah yang menghabiskan hidupnya semanis madu. Semoga memang seperti itu.' Di sampingnya terdapat 3 nama pria yang mengindikasikan kalau bangunan itu merupakan sebuah rumah bordil.

2. Sejumlah ruangan masih utuh

2. Sejumlah ruangan masih utuh Rumah bordil Lupanar dari zaman Kerajaan Romawi (sciencealert.com)

Lupanar dianggap paling populer di masanya karena memiliki setidaknya 10 ruangan atau kamar, ketika pada masa itu rata-rata rumah bordil memiliki 3 sampai 4 kamar saja. Ruang pertama digunakan sebagai ruang penyimpanan dengan rak. Ruang kedua memiliki lantai berbatu dengan dekorasi buaya dan sfinks.

Di terowongan sebelah kiri, dekorasinya sangat rumit. Di dinding kanannya terdapat ceruk, kemungkinan sebuah lampu, dengan tangga kayu mengarah ke atas, ke belakang fasad, di mana ada gudang dan tempat tinggal para pelayan. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"