Kraken, Si Monster Laut Gurita Raksasa ... Beneran Ada Gak Sih di Dunia Nyata?

Kraken, Si Monster Laut Gurita Raksasa ... Beneran Ada Gak Sih di Dunia Nyata?

Kamu tau Kraken gak gengs? Kalo kamu pernah nonton "Pirates of the Caribbean", kamu pasti pernah liat deh monster laut yang satu ini.

Monster laut ini digambarkan sebagai gurita raksasa. Layaknya gurita, monster ini berukuran raksasa dan punya tentakel. Kraken sendiri bisa menghancurkan kapal laut dan menenggelamkannya.

Hal ini sebenernya udah jadi kepercayaan para pelaut jaman dulu sih gengs. Termasuk para bajak laut dari mana pun di muka Bumi ini.

Kraken di film "Pirates of the Caribbean" (gyfcat.com)

Karena dunia ini menyimpan banyak misteri ... sebenernya Kraken tuh beneran ada gak sih di dunia nyata? Kok kisah tentang Kraken ini bisa diketahui para pelaut jaman dulu ya?

Kraken, si monster laut gurita raksasa ini populer banget dalam kisah legenda para bajak laut. Menurut legenda, Kraken bakal menyerang kapal dan membuatnya karam dengan membuat kapal terperangkap di tentakelnya yang besar itu.

Para pelaut jaman dulu jadi gak bisa sembarangan berlayar. Terutama ketika mereka melewati wilayah perairan tertentu.

Ini juga karena pelayaran jaman dulu juga belom secanggih sekarang. Jadi banyak yang takut juga sih ketemu Kraken di sebuah perairan.

Monster laut Kraken ini dipercaya hidup di laut dalam Norwegia, Islandia, hingga Greenland. Nama 'Kraken' sendiri berasal dari bahasa Jerman yang artinya 'gurita'.

Monster Kraken, gurita raksasa yang dipercaya para pelaut (pinterest.com)

Kemungkinan besar, nama itulah yang membuat banyak seniman jaman dulu menggambarkan monster laut itu sebagai gurita raksasa. 

Monster laut yang dianggap sebagai gurita raksasa ini juga digambarkan bisa meraih tiang-tiang kapal yang paling tinggi menggunakan tentakelnya. Makanya, Kraken dipercaya bisa menghancurkan kapal dengan mudahnya. 

Di balik itu, ada yang mengatakan kalo Kraken ini biasanya berenang bersama sekumpulan ikan. Jadi nelayan bakal "menang banyak" deh kalo mereka memberanikan diri mendekat pada ikan yang berenang dekat Kraken.

Kisah tentang Kraken sendiri pernah dituliskan pada tahun 1180 silam oleh Raja Sverre dari Norwegia. Kisah sang raja kemudian jadi terkenal dalam sajak soneta karya Alfred Tennyson yang dipublikasikan ratusan tahun kemudian, tepatnya tahun 1830.

Oke, kalo gitu Kraken ini beneran ada gak sih?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"