Kenapa Sih Cuma Cowok Aja yang Punya Jakun?

Kenapa Sih Cuma Cowok Aja yang Punya Jakun?

Laki-laki dan perempuan punya perbedaan yang cukup jelas. Terutama dari ciri-ciri fisiknya aja udah keliatan kok. Nah, perbedaan yang lebih spesifik dari kedua jenis kelamin ini adalah ... jakun.

Kalian para cowok pasti pada punya jakun deh. Jakun adalah salah satu penanda fisik berupa tonjolan yang muncul di leher. Umumnya, bagian tubuh cowok ini muncul saat seorang laki-laki memasuki usia puber.

Ada tonjolan di leher kalian? Berarti kalian cowok (freepik.com)

Penanda fisik pada leher cowok ini ternyata nggak ada hubungannya dengan seksual seperti alat kelamin. Terus, kenapa sih cuma cowok aja yang punya jakun? Kok cewek nggak punya ya?

Seperti dikutip dari Live Science, jakun ternyata juga dimiliki kaum Hawa gengs. Jadi anggapan jakun cuma dimiliki para cowok aja bisa meleset nih.

Yang membedakan adalah ... jakun yang dimiliki cowok tuh lebih besar ketimbang cewek. Jakun para cowok juga lebih menonjol ke luar. Menonjolnya bagian tubuh ini terjadi karena laki-laki memiliki laring yang lebih besar.

Jakun menjadi penanda fisik antara cowok dan cewek (rd.com)

Ukuran laring yang besar tersebut menyebabkan laki-laki memiliki suara yang lebih berat, dalam, dan besar. Uniknya, perbedaan ini bisa diketahui ketika laki-laki dan perempuan sama-sama memasuki usia remaja.

Tidak ada perbedaan besaran laring dan jakun yang menonjol antara laki-laki dan perempuan saat mereka masih kecil. Perbedaan itu mulai tampak saat tingkat testosteron cowok mulai meningkat. Dampaknya, suara cowok jelas lebih besar dan jakun yang dimiliki juga tampak lebih menonjol.

Tapi bukan berarti cewek nggak punya, meski nggak menonjol (shutterstock.com)

Perubahan yang terjadi pada laki-laki ini tidak dialami oleh perempuan saat memasuki masa remaja. Laring pada tubuh perempuan tidak mengalami perubahan dan pembesaran. Makanya, suara perempuan cenderung nggak banyak berubah sebelum dan setelah puber.

Pokoknya, jakun menjadi salah satu fitur dalam tubuh membedakan antara laki-laki dan perempuan sejak remaja. Jakun di leher cowok akan tetap terlihat kecuali bobot badan meningkat dan lemak menumpuk di leher dan dagu.

Kalo gitu sekarang coba deh liat leher kalian. Bisa gak? Hehehe.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"