Jangan Disepelekan, 5 Bahaya Terlalu Sering Menahan Kencing

Jangan Disepelekan, 5 Bahaya Terlalu Sering Menahan Kencing

Buang air kecil atau kencing  merupakan rutinitas yang wajib dilakukan orang dalam kesehariannya. Terkadang kencing terpaksa ditahan karena sedang berada dalam perjalanan atau memilih melakukan aktivitas lain ketimbang sebentar untuk pergi ke toilet padahal bahaya menahan kencing memicu gangguan kesehatan. 

1. Kandung Kemih Sakit

Orang yang sering menahan kencing  terlalu sering bisa menyebabkan sakit pada kandung kemih. Hal ini tentu membuat tidak nyaman pada kandung kemih atau ginjal. Ketika kencing di toilet terkadang alami rasa sakit yang tidak terduga. Gangguan pada saluran kemih mungkin tetap mengepal setelah urin dikeluarkan sehingga menyebabkan kram pada bagian panggul. 

2. Infeksi Saluran Kemih

Dilansir dari beberapa sumber, menahan kencing terlalu lama bisa menyebabkan infeksi saluran kemih. Infeksi saluran kemih menjadi kasus yang paling sering terjadi jika kerap menahan kencing. Yang semakin bahaya adalah ketika sering menahan kencing ditambah juga orang tersebut kurang minum air putih, sehingga membuat gangguan semakin parah.

Bahaya Menahan Kencing untuk Kesehatan (CNN Indonesia)

3. Kandung Kemih Alami Gangguan

Jangka panjang kasus terlalu lama menahan kencing membuat kandung kemih alami gangguan atau meregang. Kondisi ini membuat kandung kemih sulit atau tidak bisa berkontraksi dan mengeluarkan kencing secara normal. Yang berbahaya jika kandung kemih meregang membuat seseorang bisa menggunakan kateter atau alat khusus yang biasa digunakan pasien di rumah sakit untuk kencing.

4. Batu Ginjal

Batu ginjal menjadi penyakit paling berbahaya karena sering menahan kencing. Batu ginjal adalah batu berukuran kecil yang muncul dalam ginkal karena kalsium dan natrium yang berlebih. Bila endapan mineral tidak dikeluarkan segera, bisa membentuk batu ginjal. 

Biasanya batu ginjal dengan ukuran kecil bisa ikut keluar melalui saluran kemih tanpa mengakibatkan rasa sakit. Tapi kadang batu ginjal berbentuk besar dan tentu akan membuat proses kencing menjadi sangat sakit. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"