Internet adalah Kepanjangan dari Interconnection-networking, Apa Artinya?

Internet adalah Kepanjangan dari Interconnection-networking, Apa Artinya?

Kamu udah sering buka internet dan berselancar lewat google. Tahu gak sih kalau Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking?

Gini sejarahnya Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking.

Internet adalah suatu jaringan komunikasi yang menghubungkan satu media elektonik dengan media yang lainnya. Standar teknologi pendukung yang dipakai secara global adalah Transmission Control Protocol atau Internet Protocol Suite (TCP/IP).

Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking (steemit.com)

TCP/IP ini merupakan protokol pertukaran paket (dalam istilah asingnya Switching Communication Protocol) yang bisa digunakan untuk miliaran lebih pengguna diseluruh Indonesia. Termasuk kamu.

Sementara itu, istilah “internetworking” berarti cara atau prosesnya dalam menghubungkan rangkaian internet beserta penerapan aturannya yang telah disebutkan sebelumnya.

Lumayan rumit juga ya Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking ini sejarahnya. Sekarang sih tahunya langsung sambungin gadget ke wifi aja udah.

Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking. Dibuat oleh banyak ilmuwan loh. Gak cuma satu orang. Mari kita ucapkan terimakasih buat mereka. Generasi millenial bisa termanjakan oleh internet.

ARPANET jaman dulu (personofinterest.fandom.com)

Jauh sebelum teknologi ada untuk benar-benar membangun Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking, banyak ilmuwan telah mengantisipasi keberadaan jaringan informasi di seluruh dunia.

Nikola Tesla bermain-main dengan gagasan "sistem nirkabel dunia" pada awal 1900-an. Di samping itu pemikir visioner seperti Paul Otlet dan Vannevar Bush menyusun sistem penyimpanan buku dan media yang dapat dicari secara mekanis pada 1930-an dan 1940-an.

Kalau kamu kepikiran gak gengs mau bikin koneksi dengan seluruh dunia?

Setelah dipikirkan dengan seksama dan dalam wtempo yang lama, skema praktis pertama untuk Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking baru kesampekan pada tahun 1960-an.

J.C.R. MIT Licklider mempopulerkan ide "Jaringan Intergalaksi" komputer. Tak lama kemudian, para ilmuwan komputer mengembangkan konsep "packet switching,". Sebuah metode untuk mentransmisikan data elektronik secara efektif.

Prototipe Internet pertama ditemukan pada akhir 1960-an dengan penciptaan ARPANET. Awalnya didanai oleh Departemen Pertahanan A.S., ARPANET menggunakan pengalihan paket untuk memungkinkan banyak komputer berkomunikasi dalam satu jaringan.

Gitu gengs sejarahnya, kebanyakan kita tahunya cuma Internet adalah kepanjangan dari interconnection-networking. Udah gitu aja.

Lanjut lagi, pada 29 Oktober 1969, ARPANET menyampaikan pesan pertamanya: komunikasi "node-to-node" dari satu komputer ke komputer lain. (Komputer pertama terletak di laboratorium penelitian di UCLA dan yang kedua di Stanford)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"