Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Indonesia Ingin Gelar MotoGP

Ini Syarat yang Harus Dipenuhi Jika Indonesia Ingin Gelar MotoGP

Dato' Razlan Razali membeberkan sejumlah syarat yang harus dipenuhi pihak pengelola Sirkuit Sentul, Bogor, Jawa Barat, jika ingin menggelar ajang balapan motor paling prestisius, MotoGP.

Razlan mengatakan bahwa di Indonesia belum ada sirkuit yang cocok digunakan untuk balapan tersebut. Atau jika ingin menggunakan Sirkuit Sentul, maka grade-nya harus dinaikan sesuai standar MotoGP.

grandprix247.com

"Bagi saya, yang pertama Indonesia harus ada sirkuit baru, atau Sirkuit Sentul harus diperbaiki (dinaikkan grade-nya). Menurut saya dari segi industri otomotif khususnya sepeda motor, marketnya lagi besar di Indonesia daripada Malaysia," ujar Razlan dalam jumpa persnya di Jakarta, Kamis (26/7/2018) lalu.

Padahal menurut CEO Sirkuit Sepang ini, Indonesia memiliki potensi yang sangat besar untuk kompetisi balapan motor. Pasalnya, industri dan pasar kendaraan roda dua dalam negeri terhitung sangat tinggi bahkan jika dibandingkan dengan Malaysia.

presidenri.go.id

"Dari segi penjualan sepeda motor, Indonesia mungkin bisa nomor satu atau dua di dunia. Jadi ada peluang untuk membuat lebih besar lagi dengan adanya motorsport. Jadi bagi saya harus merenovasi sirkuit agar bisa membawa MotoGP ke Indonesia." ucap Razlan melanjutkan.

Indonesia sendiri dulu pernah menjadi tuan rumah balapan yang diselenggarakan oleh Dorna Sports ini. Antara lain di tahun 1996 dan menempati Sirkuit Sentul. Dan masih dilanjutkan pada tahun 1997. Sayang tahun tersebut adalah terakhir kalinya kejuaraan ini diselenggarakan di Indonesia.

Akhir-akhir ini, wacana membawa MotoGP ke tanah air memang menguat. Bahkan muncul rencana pembangunan sirkuit baru yaitu di  di Palembang, Sumatra Selatan dan di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Namun kabar ini hingga sekarang masih berupa kabar saja.

Termasuk renovasi untuk Sirkuit Sentul agar memenuhi standar FIM. Bahkan Razlan sempat kerap mendengar kabar ini. 

"(Renovasi) ini adalah rencana yang sudah saya dengar sejak lama. Bertahun-tahun saya sudah dengar, saya harap tidak lama lagi akan terjadi renovasi ini. Dari situ semua akan berkembang," tutup Razlan.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"