Ini Lho Bedanya Sumpit dari China, Jepang, dan Korea

Ini Lho Bedanya Sumpit dari China, Jepang, dan Korea

Negara-negara di Asia Timur punya kebiasaan makan menggunakan alat makan berupa sumpit. Sumpit di sana digunakan untuk kegiatan makan sehari-hari seperti mi, lauk pauknya, hingga nasi sekalipun.

Ternyata, sumpit dari beberapa negara, terutama Jepang, China, dan Korea punya perbedaan lho. Ada ciri khasnya masing-masing. Nah, kalian tau gak nih bedanya?

Kalian pasti keliru kalo kalian pikir sama aja. Biar jelas, simak dulu nih perbedaan sumpit antara China, Jepang, dan Korea sebagaimana dikutip dari laman Liputan6.com.

Sumpit China

Sumpit China Sumpit China yang merah warnanya (olahangeul.altervista.org)

Sumpit buatan China punya bentuk yang lebih panjang. Ujungnya gak dibikin lancip atau runcing. Desain sumpit yang demikian bisa menjelaskan karakteristik masyarakat yang terbiasa menggunakannya gengs.

Jadi, sejak dulu, masyarakat Tiongkok emang suka membagi-bagikan makanan. Kebiasaan ini bahkan sudah ada sejak abad ke-10.

Sejarawan dan pengarang buku "Chopstick: A Cultural and Culinary History" Edward Wang menjelaskan bahwa awal mula kebiasaan untuk membagikan makanan di China terjadi ketika meja dan kursi diperkenalkan dari Barat dan Asia Tengah.

Sumpit China yang begini gengs (personalitytutor.com)

Menurut Wang, secara bertahap masyarakat China jadi terbiasa duduk di kursi dan meja saat makan.

Nah, sumpit dibuat panjang agar setiap orang bisa menjangkau makanan yang jauh saat makan bersama. Selain itu, sumpit yang panjang bisa mencegah seseorang merasakan sensasi 'terbakar' ketika memakan makanan panas. Termasuk saat proses memasak.

Sumpit Jepang

Sumpit Jepang Sumpit Jepang ujungnya lancip (ru.pngtree.com)

Di Jepang, sumpitnya lebih pendek dari China. Ujungnya pun dibuat runcing, dan sumpit model itu khas Jepang banget.

Ujung yang dibuat runcing didesain untuk memudahkan penggunanya menyantap hidangan seperti ikan. Bentuk runcing juga memudahkan seseorang untuk mengambil duri atau tulang ikan.

Sumpit Jepang memang pendek karena orang Jepang tidak membagi-bagikan makanannya saat makan bersama. Makan bersama buat orang Jepang berarti personal, udah ada porsinya sendiri-sendiri.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"