Kalian perlu tau nih, kalo bom atom itu sangat mengerikan. Meski sudah jadi sejarah, kita nggak boleh ketinggalan tau hal ini.

Hai ini, 73 tahun lalu, adalah hari yang mengerikan buat penduduk Kota Nagasaki, Jepang. Kota itu juga di bom atom oleh tentara Amerika Serikat, dan menjadi lokasi jatuhnya bom atom kedua di dunia. Hanya berselang 2 hari setelah Hiroshima.

Lokasi pertamanya adalah Kota Hiroshima, tepat pada 6 Agustus 1945 silam. Korban tewas seketika akibat dahsyatnya ledakan dua bom atom itu berjumlah ratusan ribu jiwa. Tapi karena dua peristiwa mengerikan itu, Indonesia berhasil merdeka, sementara Jepang mengakui kekalahannya.

Biar kita nggak lupa sejarah, kita simak yuk fakta-fakta menarik bom atom Hiroshima dan Nagasaki.

Pamflet yang disebar tentara Amerika sebelum bom atom dijatuhkan. (pinterest)

1. Amerika Serikat mengingatkan warga sipil

Sebelum Hiroshima dan Nagasaki hancur denga bom atom, AS telah menyebar selebaran peringatan kepada warga sipil tentang serangan bom atom. Tujuannya agar warga sipil segera meninggalkan kota dan selamat dari serangan bom tersebut.

2. Bom 'Fat Man' seharusnya lebih fatal

'Fat Man' adalah bom yang jatuh di Nagasaki. Namun, korban jiwa yang tewas, Sekitar 60.000-80.000 jiwa. Sementara korban jiwa di Hiroshima mencapai 90.000-166.000 jiwa akibat A-Bomb 'Little Boy'. Lokasi jatuhnya 'Fat Man' ternyata 3 kilometer dari target karena cuaca buruk.

3. 'Little Boy' menggunakan semua persediaan uranium yang ada

Si 'Anak Kecil', bom yang jatuhdi Hiroshima, tersusun dari 141 pon uranium. Itu adalah jumlah semua uranium yang diproses dan tersedia pada masa itu. Namun dari sekian banyak uranium, hanya 0,7 gram saja yang menyebabkan ledakan.

Bom 'Little Boy' yang menghancurkan Kota Hiroshima. (williammaloney.com)

4. Bukan ledakan yang paling merusak

Meski menghancurkan seluruh kota, dua bom atom yang meledak itu bukanlah insiden paling merusak yang pernah disaksikan manusia. Operasi paling destruktif justru terjadi di Tokyo yang diberi nama 'Operation Meetinghouse' pada 1942 silam.

5. Bunga pertama yang mekar setelah ledakan

Bunga yang pertama kali mekar setelah ledakan bom atom itu adalah bunga oleander. Ini menjadi bunga resmi Kota Hiroshima.

6. Korban bom yang selamat dua kali

Seorang bernama Yamaguchi adalah orang pertama diakui secara resmi selamat. Baik di Hiroshima maupun di Nagasaki. Selain Yamaguchi, terdapat 165 orang beruntung lainnya yang selamat dari 2 kota yang hancur tersebut..



Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations