Heboh Septic Tank Meledak di Sulsel Diduga karena Rokok, Waspada Faktor Pemicu Berikut Ini

Heboh Septic Tank Meledak di Sulsel Diduga karena Rokok, Waspada Faktor Pemicu Berikut Ini

Seorang penghuni kamar kos terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena septic tank meledak di Sulsel. Insiden ini terjadi di Jalan Anggrek, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan pada Jumat (7/7) lalu, sekitar pukul 17.30 WITA.

Korban yang bernama Yusuf (26) dilaporkan terpental saat ledakan sehingga harus menjalani perawatan intensif. Kabar yang beredar, ledakan itu dipicu oleh rokok yang dihisap korban saat BAB. Walaupun belum dikonfirmasi, namun kejadian ini menimbulkan kengerian di kalangan masyarakat. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Perlu diketahui bahwa septic tank sebenarnya tidak akan meledak secara langsung hanya karena ada yang merokok di sekitarnya. Meski demikian, ada beberapa faktor yang menjadi pemicu. Berikut adalah beberapa alasan mengapa merokok dapat meningkatkan risiko kebakaran atau ledakan di sekitar septic tank:

1. Adanya Gas Metana dari Kotoran

Septic Tank Meledak di Sulsel (via Okezone)

Salah satu alasan utama mengapa merokok di sekitar septic tank dapat berbahaya adalah karena adanya gas metana di dalam area buang air besar. Bagi yang belum tahu, metana adalah gas alam yang dihasilkan oleh proses pembusukan bahan organik, dalam hal ini kotoran di dalam tangki septik.

Gas metana ini umumnya ditandai dengan bau busuk (yang biasanya muncul dari tinja). Senyawa ini dapat dengan mudah terbakar atau meledak jika terpapar api atau percikan api tepat di intinya. Dalam hal ini, air kloset berperan penting untuk menetralkan gas dan menurunkan risiko ledakan.

2. Kejenuhan Oksigen yang Rendah



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"