Heboh Roti Mengandung Pengawet Berbahaya, Berikut Dampak Buruk Makanan Berpengawet Bagi Kesehatan

Heboh Roti Mengandung Pengawet Berbahaya, Berikut Dampak Buruk Makanan Berpengawet Bagi Kesehatan

Tingkat kontaminasi makanan telah mencapai tingkat yang baru. Untuk menjaga rasa, kesegaran, dan warna makanan, bahkan buah dan sayuran segar pun mengandung bahan kimia dan pengawet. 

Bahan pengawet digunakan untuk mengawetkan bahan makanan. Pengawet ini membantu meningkatkan umur simpan makanan dan juga menjaga rasa makanan untuk waktu yang lama. Namun, semua bahan pengawet yang digunakan dalam makanan tidak berdampak buruk bagi kesehatan. Pengawet alami, yang digunakan untuk mengawetkan makanan tidak berbahaya bagi kesehatan. Alasannya adalah tidak tercampur dengan bahan sintetis dan komposisi kimianya tidak diubah.

Pengawet buatan atau kimia yang digunakan untuk menunda kontaminasi makanan adalah salah satu penyebab gangguan kesehatan. Pengawet ini diproduksi secara artifisial dan bersifat sintetis. Ini sering kali diberi label sebagai bahan tambahan pada label makanan.

Penyakit yang Disebabkan oleh Bahan Pengawet

Roti Okko diduga memakai bahan pengawet kosmetik (health.detik.com)

Menggunakan banyak bahan pengawet berdampak buruk bagi kesehatan. Di bawah ini beberapa masalah kesehatan yang mungkin muncul jika kita sering mengonsumsi makanan yang mengandung bahan pengawet"

1. Penyakit Jantung

Keberadaan bahan pengawet pada makanan merupakan salah satu penyebab utama meningkatnya masalah jantung. Penelitian yang dilakukan oleh InChem menunjukkan bahwa bahan pengawet makanan dapat melemahkan jaringan jantung. Mengonsumsi makanan yang memiliki sisa bahan pengawet di permukaannya dapat meningkatkan kemungkinan kerusakan jantung.

2. Masalah Pernafasan

Pengawet dan bahan kimia yang ada dalam makanan juga meningkatkan kemungkinan masalah pernapasan. Menurut penelitian MayoClinic, menghilangkan makanan berpengawet dari pola makan dapat membantu mengurangi gejala serta keparahan masalah pernapasan dan asma. Beberapa bahan pengawet yang terdapat dalam makanan seperti aspartam, sulfit, dan benzoat memperburuk masalah pernapasan.

3. Kanker



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"