Heboh Rendang Babi, Ternyata Gus Dur Pernah Diledek Pendeta Ditawari Makan Babi, Balasannya Sungguh Tak Terduga

Heboh Rendang Babi, Ternyata Gus Dur Pernah Diledek Pendeta Ditawari Makan Babi, Balasannya Sungguh Tak Terduga

Belakangan publik dikejutkan dengan kehadiran restoran nasi padang  yang menjual berbagai lauk dengan bahan utama daging babi . Kemunculan restoran bernama Babiambo ini tentu menuai polemik. Warga Minang dibuat geram dan melayangkan protes keras.

Seiring dengan ini, publik kembali mengingat cerita Gus Dur  saat diledek dengan daging babi oleh Romo YB Mangunwijaya alias Romo Mangun. Cerita ini bermula saat kedua tokoh agama yang diketahui menjalin persahabatan itu, berada dalam satu pesawat yang sama dari Singapura menuju Jakarta.

Ketika itu, seorang pramugari menawarkan makanan. Romo Mangun langsung memesan makanan favoritnya yakni daging babi. Dia lantas bergurau dengan menawari daging babi pada Gus Dur. “Mari Gus, daging babinya enak lho,” kata Romo Mangun.

Foto: Restoran Babiambo (Kata Sumbar)

Gus Dur yang merupakan seorang kiai tahu betul kalau daging babi hukumnya haram bagi seorang Muslim. Dia tentu saja menolaknya. “Maaf Romo, saya tidak boleh makan daging babi,” jawab Gus Dur dengan halus.

Romo Mangun lantas menyayangkan hal ini dengan melemparkan guyonan yang menggoda sambil mengatakan, “Waduh, sayang sekali. Padahal daging babi adalah daging yang paling enak di dunia.”

Mendengar timpalan tersebut, Gus Dur tidak menjawab sama sekali. Dia hanya diam sampai pesawat mendarat di Jakarta. Kedua sahabat itu bergegas menuju gerbang kedatangan. Di ujung jalan, sudah menunggu istri Gus Dur, Ny Hj Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"