Gurita Bisnis Ketua Umum Parpol di Indonesia, Berapa Total Kekayaan Mereka?

Gurita Bisnis Ketua Umum Parpol di Indonesia, Berapa Total Kekayaan Mereka?

Menjadi Ketua Umum Partai Politik di Indonesia sepertinya harus memiliki modal yang cukup besar. Makanya sederet nama-nama ketua umum atau ketum terkenal memiliki kekayaan yang besar. Meski beraktivitas dalam dunia politik, bukan berarti mereka tidak tertarik untuk menekuni dunia bisnis. Berikut kerajaan bisnis ketum partai politik. 

Surya Paloh

Melansir dari VOI.ID, ketum Partai Nasdem ini disebut sebagai ketum paling kaya di Indonesia. Total Surya memiliki total kekayaan sebesar Rp 8,74 triliun. Beberapa bisnis Surya pun sudah menggurita sebelum dirinya masuk ke dunia politik. 

Surya diketahui memiliki perusahaan yang bergerak dalam bidang pertambangan, media, perhotelan, hingga catering yang dia dirikan sejak tahun 1978 silam bernama PT Indocater. Diprediksi kekayaan Surya semakin bertambah di tahun-tahun mendatang.

Gurita Bisnis Ketua Umum Parpol di Indonesia, Berapa Total Kekayaannya (RMOL)

Prabowo Subianto

Di urutan kedua ada Prabowo Subianto, ketum Partai Gerindra. Prabowo yang disebut bakal jadi calon presiden di Pilpres 2024 mendatang memiliki kekayaan mencapai Rp 2 triliun lebih. Kekayaan itu bersumber dari beberapa perusahaan bisnis yang ia miliki dalam bidang kelapa sawit, energi, dan tambang, serta kertas.

Tak hanya punya perusahaan, Prabowo juga punya 10 tanah dan bangunan di kawasan Jakarta dan Bogor. Lalu ada beberapa kendaraan, termasuk beberapa surat berharga lainnya. Sebelum masuk ke dunia politik, Prabowo adalah seorang mantan jenderal di Angkatan Darat.

Agus Harimurti Yudhoyono

Ketua umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) juga memiliki kekayaan yang tak bisa dipandang sebelah mata. Mantan prajurit TNI dan calon Gubernur DKI Jakarta ini disebut punya total kekayaan sekitar Rp 15 miliar lebih. Namun AHY nampaknya tidak mendirikan bisnis atau usaha seperti Prabowo dan Surya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"