Geliii! Ilmuwan Ini Tak Sengaja Temukan Cacing Zombie di Dasar Laut

Geliii! Ilmuwan Ini Tak Sengaja Temukan Cacing Zombie di Dasar Laut

Belum lama ini, viral hasil temuan para ilmuwan yang melakukan eksperimen dengan menenggelamkan robot penyelam di dasar laut.

Ketika eksperimen tersebut dilakukan, betapa terkejutnya saat para ilmuan mendapati spesies yang dikira awalnya tanaman, namun ternyata itu merupakan cacing zombie atau Osedax yang berada di dasar laut.

Dikutip dari situs BGR, para ilmuwan syok saat menemukan spesies tersebut. Sebab, cacing-caing zombie itu lah yang memakan segala tulang bangkai hewan yang ada di dasar laut.

Saat mereka tahu adanya spesies cacing zombie tersebut, mereka pun mulai mencari kembali keberadaan cacing itu yang ditemukan pada tubuh hewan mati di dasar laut. Mereka pun membius bangkai paus dan hewan mati lainnya untuk ditenggelamkan ke dasar laut.

Ilustrasi cacing zombie di dasar laut (kompas.com)

Lalu, mereka menunggu hingga bertahun-tahun sebelum mengambil kembali bangkai-bangkai tersebut.

Seorang anggota bernama Greg Rouse, yang bekerja dengan Scripps Institution of Oceanography, mengatakan bahwa dimana ada tulang dan bangkai, maka cacing zombie itu akan muncul.

Greg Rouse dan ilmuwan lainnya pun telah menemukan 30 spesies cacing zobie dari seluruh dunia. Mereka pertama kali menemukan Osedax Fenrisi di dekat lubang hidrometal di Kutub Utara.

"Ada juga bunga ingus pemakan tulang, yang pertama kali ditemukan di dekat Swedia. Ke mana pun para ilmuwan melihat, mereka terus menemukan makhluk pemakan tulang ini," unggkap Gerg.

"Cacing-cacing itu juga tampak bervariasi dalam ukuran, sama seperti jenisnya. Ada yang sepanjang jari kelingking, dan ada yang lebih kecil dari bulu mata," sambung Greg.

Menurut mereka, cacing zombie yang mudah terlihat adalah yang berjenis kelamin perempuan. Sedangkan cacing zombie jantan tampak lebih kecil dan tak memakan tulang.

"Ketika jantan kehabisan energi, mereka mati total. Meski begitu, spesies lain dari cacing zombie melakukan hal yang berbeda, kata para ilmuwan," terang Greg.

"Tidak ada keraguan bahwa seluruh spesies ini menarik dan agak menakutkan. Lain kali Anda berpikir tentang betapa hebatnya menjelajahi laut dalam, pikirkan saja ribuan cacing zombie yang menyebut dasar dasar laut sebagai rumah, hanya menunggu satu set tulang baru untuk dikunyah," katanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"