Gak Cuma Ka’Bah, Ini Dia 7 Tempat Yang Tak Boleh Dilintasi Pesawat

Gak Cuma Ka’Bah, Ini Dia 7 Tempat Yang Tak Boleh Dilintasi Pesawat

Pesawat merupakan transportasi tersibuk di dunia. Ada ribuan penerbangan yang dilakukan oleh setiap maskapai dari berbagai belahan dunia.

Walaupun harganya yang fantastis, tetapi pesawat termasuk moda tercepat untuk bepergian. Masing-masing maskapai biasanya telah memiliki rutenya masing-masing. Namun biar begitu, ternyata pesawat tetap tak bisa sembarangan melintasi beberapa daerah tertentu.

Ada beberapa lokasi di dunia ini yang sama sekali tak boleh dilintasi pesawat karena berbagai alasan. Berikut adalah contohnya.

# Ka'bah

Beberapa tempat di dunia yang dilarang untuk dilintasi pesawat terbang (via kumparan.com)

Ka’bah merupakan salah satu area yang menjadi zona larangan terbang. Pemerintah Arab Saudi melarang adanya pesawat untuk melintasi Mekkah.

Salah satu alasannya adalah karena letak Ka’bah yang berada di tengah kutub selatan dan kutub utara sehingga menjadi ‘zero magnetism area’ dan pusat bumi. 

Tetapi menurut pemerintah Arab Saudi, hal ini bertujuan untuk memberi kenyamanan kepada para jemaah yang sedang beribadah.

# Machu Picchu

Situs Machu Picchu di Peru merupakan salah satu keajaiban dunia. Peninggalan Suku Inca di pegunungan Andes ini tak boleh dilintasi oleh pesawat apa pun. Alasannya karena Machu Picchu merupakan situs bersejarah terpenting di dunia sehingga pemerintah Peru melarang adanya penerbangan.

# Markas NASA Merrit Island



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"