7 Keajaiban Dunia Terbaru Tuh Ini Lho, Udah Tahu Belum?

7 Keajaiban Dunia Terbaru Tuh Ini Lho, Udah Tahu Belum?

Ini dia 7 keajaiban dunia terbaru. Kalian udah pada tau belum?

7 keajaiban dunia terbaru udah dirilis dan diakui dalam beberapa tahun terakhir gengs. 7 keajaiban dunia itu disebut sebagai "New 7 Wonders Foundation" yang ditetapkan sejak 07-07-07 (7 Juli 2007) lalu lewat pemungutan suara yang secara keseluruhan mencapai 100 juta voting.

7 keajaiban dunia terbaru merupakan situs-situs penting atau bangunan-bangunan penting peninggalan sejarah yang tetap kokoh berdiri hingga sekarang.

Sebelumnya ada 21 situs yang berhasil lolos sebagai finalis dan 7 di antaranya terpilih menjadi 7 keajaiban dunia. Apa aja dan di mana aja sih 7 keajaiban dunia terbaru itu. Simak dulu kuy.

1. Christ the Redeemer, Brasil

1. Christ the Redeemer, Brasil Kalian pasti tau patung ini deh (pandotrip.com)

Christ the Redeemer tak lain adalah Patung Kristus Penebus yang berdiri di Gunung Corcovado di Kota Rio de Janeiro, Brasil. Patung Yesus ini memiliki ketinggian 38 meter dan diperlukan 5 tahun untuk penyelesaiannya.

Patung Christ the Redeemer merupakan 7 keajaiban dunia terbaru yang diresmikan pada 12 Oktober 1931 silam dan merupakan salah satu dari lima monumen terbaik dunia. Patung ini bisa dilihat dari kejauhan ketika kita berkunjung ke Rio.

2. Tembok Besar China, China

2. Tembok Besar China, China Ini nih Tembok Besar China (thejakartapost.com)

Tembok besar China atau The Great Wall of China adalah tembok yang dibangun untuk menghubungkan benteng-benteng pertahanan. Tujuannya untuk melindungi wilayah China dari serangan bangsa Mongol yang dibangun mulai tahun 722 SM dan selesai pada masa Dinasti Ming 1655 silam.

Tembok besar China merupakan bangunan terbesar sepanjang sejarah peradaban manusia yang membentang di atas pegunungan layaknya seekor naga. 

Tembok besar China telah masuk sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1987. Soal bangunan ini bisa dilihat dari luar angkasa ternyata ya nggak mungkin juga gengs, padahal anggapan itu sempat dipercaya banyak orang sebelumnya.

3. Machu Picchu, Peru

3. Machu Picchu, Peru Ini lho Machu Picchu yang di Peru ituh (inakoran.com)

Machu Picchu merupakan sebuah kompleks yang penuh dengan reruntuhan bangunan dari masa bangsa Inka kuno. Letaknya di wilayah lembah pegunungan Urubamba, Peru. Machu Picchu adalah sebuah kota kuno yang dibangun pada tahun 1450 silam di masa Kerajaan Inka.

Kota itu kemudian ditinggalkan seratus tahun kemudian karena Kerajaan Inka berhasil ditaklukkan oleh Spanyol. Situs kota kuno di atas gunung ini ditemukan kembali oleh tim arkeolog dari Universitas Yale pada tahun 1911. Machu Picchu pun masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1983.

4. Petra, Yordania

4. Petra, Yordania Petra di Yordania, bukan Petra Sihombing ya (roadunraveled.com)

Petra adalah sebuah kota kuno yang didirikan dengan ukiran-ukiran dinding pada tebing berbatu di Yordania. Petra sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'batu'. Petra merupakan ibu kota Kerajaan Nabatean yang dibangun Raja Aretas IV pada tahun 9 SM hingga tahun 40 Masehi.

Situs ini ditemukan oleh pengelana Swiss, Johann Ludwig Burckhardt pada 1812. Petra pun ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada Desember 1985. Hingga kini, situs bersejarah ini tak lepas dari daya tarik wisatawan.

5. Piramida Chichen Itza, Meksiko

5. Piramida Chichen Itza, Meksiko Piramida Chichen Itza di Meksiko (ancient-origins.net)

Piramida Chichen Itza merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia terbaru. Piramida ini dipercaya sebagai pusat kegiatan politik dan ekonomi Bangsa Maya yang terletak di Semenanjung Yucatan, Meksiko. 

Di sekitar piramida itu terdapat beberapa bangunan piramida lain seperti Piramida Kulkucan, Piramida Chac mool, dan bangunan seribu tiang. Piramida Chichen Itza sendiri dibangun pada 800 SM dan ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1988.

6. Colosseum, Italia

6. Colosseum, Italia Colosseum nih, di Roma, Italia (tiqets.com)

Colosseum merupakan sebuah bangunan yang digunakan sebagai tempat penyelenggaraan pertunjukkan spektakuler di era kekaisaran Romawi. Di sana, penonton disuguhkan pertarungan antara gladiator melawan binatang buas seperti singa.

Situs penting ini berdiri di pusat kota Roma dan dibangun oleh kaisar Vespasian pada masa Domitianus tahun 72 Masehi silam. Bangunan besar itu diselesaikan oleh anaknya, Kaisar Titus 8 tahun kemudian.

Bangunan ini berbentuk elips dan disebut sebagai Flavian Amphitheatre. UNESCO juga menetapkan bangunan ini sebagai Situs Warisan Dunia tahun 1980.

7. Taj Mahal, India

7. Taj Mahal, India Inilah Taj Mahal, megah banget emang~ (smithsonianmag.com)

Taj Mahal adalah sebuah monumen yang didirikan oleh Kaisar Mughal kelima, Shah Jahan. Beliau membangun bangunan megah ini untuk mengenang istri tercintanya, Mumtaz Mahal yang wafat saat melahirkan putrinya, Gauhara Begum.

Monumen besar ini terletak di Agra, India. Pembangunannya termasuk mahal dan mendatangkan material-material dari berbagai penjuru dunia. Pembangunannya dimulai tahun 1650 dan selesai pada 1653 silam. 

Taj Mahal sendiri ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia pula oleh UNESCO tahun 1983 dan nyaris tak pernah sepi pengunjung hingga kini.

Nah, itu dia 7 keajaiban dunia terbaru. Beberapa keajaiban dunia sebelumnya seperti Candi Borobudur di Indonesia mungkin kalah voting ya. Kalo kalian main ke negara-negara tersebut, jangan lupa mampir ke sana ya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"