Warna merah nggak hanya menimbulkan kesan estetis. Saat wanita melihat pria mengenakan warna merah, berdasarkan fakta ilmiah warna merah punya impresi yang terperinci. Simak penjelasannya!

Penilaian orang mengenai warna kulit dirasa kurang valid. Ketika sebuah penelitian dilakukan, dikutip dari Psychology Today, seseorang yang memakai baju warna merah menimbulkan impresi khusus. Masyarakat kuno menganggap warna merah sebagai simbol status, kekuasaan dan kekuatan. Ini menggambarkan sosok yang maskulin bagi wanita. Berdasarkan bukti sejarah, para raja, pemimpin agama dan hakim mayoritas mengenakan jubah berwarna merah. 

Beberapa orang menganggap bahwa rasa tertarik itu melibatkan reaksi kimia yang susah dijelaskan. Tampak seperti misteri yang tak terpecahkan. Namun, dekade tarakhir pengetahuan ilmiah berusaha memecahkan misteri tersebut. Kita semua tahu atau bahkan mengalami bahwa wanita tertarik dengan pria yang mempunyai tubuh simetris, rahang yang tegas, bahu yang kokoh, suara yang dalam dan sebagainya. Hal tersebut merupakan manifestasi dari hormon testosteron. Selain itu, wanita suka dengan status sosial seorang pria, kecerdasan dan selera humor. Tetapi diluar semua penjelasan tersebut, wanita tertarik dengan pria yang suka memakai baju warna merah. 

Pria memakai pakaian merah (dhgate.com)

Dalam tulisan Elliot, dkk yang ditulis pada tahun 2010 mencatat bahwa merah umumnya berkaitan dengan passion dan hal erotis. Misalnya ketika membayangkan wanita mengenakan pakaian merah, mawar merah, lipstik merah dan lain sebagainya. Secara keseluruhan, penelitian menunjukkan efek mengenakan warna merah. Penemuan tersebut bersifat signifikan, unik dan melibatkan level alam bawah sadar. Warna merah bisa meningkatkan ketertarikan dua orang yang sedang berinteraksi. Meskipun dengan mekanisme yang berbeda pada pria dan wanita, tetapi warna merah mempunyai efek besar.

Penelitian yang dilakukan Universitas Rochester di New York menunjukkan bahwa pria yang mengenakan warna merah lebih menarik bagi wanita. Andrew Elliot, Danieela Niesta Keyster, dkk melakukan penelitian diempat negara yang berbeda. Eksperimen pertama mendapatkan kesimpulan bahwa wanita yang mengikuti tes, setengahnya memberi respon terhadap foto pria dengan background warna merah. Setengah lainnya merespon pria dengan background warna putih.   

Pria berjas dengan background merah (pinterest.com)

Peneliti yang sama juga telah membuktikan fakta ilmiah dibalik pria yang suka memakai warna merah. Pria yang suka memakai warna merah rata-rata mempunyai status sosial yang tinggi dan punya potensi yang besar untuk menjadi orang sukses. Dari kedua penelitian tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa ada keterkaitan antara merah dan ketertarikan dengan tingginya status sosial pria. 

Jadi, selain estetis, warna merah punya nilai unik, signifikan dan sinyal-sinyal seksual. Ketiga penilaian tersebut mempunyai latar belakang biologis. Jadi, besok memakai baju warna merah lagi? Lanjutkan!

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna

Facebook Conversations