Fakta-Fakta Soal Barista Cafe, Profesi yang Kece Nih Gengs!

Fakta-Fakta Soal Barista Cafe, Profesi yang Kece Nih Gengs!

Barista cafe sekarang udah banyak banget. Perkembangan kopi juga terus meningkat pesat tiap tahunnya. Makanya, banyak juga anak-anak muda kreatif yang pengen bekerja sebagai barista cafe.

Sekilas, cara kerja barista tuh keliatan gampang ya. Mereka tinggal nyiapin kopi, seduh, aduk, jadi. Tapi sebenernya butuh keahlian khusus juga lho untuk jadi barista coffee profesional.

Contohnya yang paling sederhana ya gimana teknik meracik kopi. Selain itu, ternyata ada beberapa fakta-fakta soal barista cafe lho. Cek deh, ini profesi yang kece juga lho.

1. Sebenernya butuh waktu lama bikin latte art lho

1. Sebenernya butuh waktu lama bikin latte art lho Latte art, belajarnya lama (hoteliermiddleeast.com)

hampir semua barista cafe bisa tuh bikin latte art yang kece. Caranya dengan menuangkan susu ke dalam secangkir espresso panas dengan teknik tertentu.

Tapi sebenernya ini gak gampang. Soalnya butuk waktu sampe sekitar 4 bulan untuk menguasai tekniknya. Dalam waktu tersebut, para barista kopi dituntut untuk latihan terus. Lama juga ya.

2. Barista cafe bisa bikin kopi sesuai keinginan pelanggannya

2. Barista cafe bisa bikin kopi sesuai keinginan pelanggannya Barista dan kopinya (produto.mercadolivre.com.br)

Barista cafe tuh profesional lho. Mereka bisa memberikan kita kopi sesuai dengan yang kita inginkan. 

Biasanya pelanggan kan punya special request tuh. Nah, mereka yang udah terlatih, pasti tau deh apa yang diinginkan pelanggannya. Kamu tinggal duduk dan nungguin kopinya jadi deh. Mereka ahlinya.

3. Setiap barista punya teknik meracik kopi yang berbeda

3. Setiap barista punya teknik meracik kopi yang berbeda Barista punya tekniknya masing-masing (sp.russelservicos.com.br)

Profesi ini juga mirip dengan berbagai pofesi kreatif lainnya. Salah satu perbedaannya terletak pada cara meracik kopinya.

Setiap barista punya teknik meracik kopi yang berbeda-beda. Kalo misalnya kamu pesen kopi di cafe A, bakalan beda rasanya dengan di cafe B. Begitu pula sebaliknya. Padahal nih, kopi yang kalian minum sama aja sebenernya. Keren yak!

4. Barista cafe pernah mengikuti pelatihan khusus di sekolah barista

4. Barista cafe pernah mengikuti pelatihan khusus di sekolah barista Barista ada sekolah khususnya juga (espresso-shots.com)

Sebenernya gak mesti sih. Tapi kebanyakan para barista pasti udah lulus dari sekolah khusus barista dan mendapatkan ilmu-ilmu tentang kopi yang oke banget.

Sekolah khusus barista sebenernya bisa mempersiapkan murid-muridnya kalo ada kejuaraan tentang kopi. Sekolahnya berlangsung selama 6 bulan.

Para muridnya bakal mendapat ilmu tentang teknik memilih biji kopi, menggiling kopi, hingga menjadikan kopi itu sebagai sajian yang enak banget. Tertarik gak kalian?



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"