Fakta-fakta Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Duluan Rayakan Lebaran

Fakta-fakta Jemaah Aolia Gunung Kidul yang Duluan Rayakan Lebaran

Jemaah di Masjid Aolia Gunung Kidul, Yogyakarta viral karena merayakan lebaran  lebih dulu pada Jumat 5 April 2024 silam. Kabarnya penetapan Idul Fitri jemaah Aolia karena mendapat informasi dari Allah SWT. Padahal pemerintah menetapkan lebaran pada Rabu 10 April 2024.

Kepala Kantor Kementerian Agama Gunung Kidul Sa’aban Nuroni kepada wartawan mengatakan jika pihaknya sudah mengkonfirmasi kepada Imam Masjid Aolia Mbah Benu yang memiliki nama lengkap KH Ibnu Hajar Pranolo menyangkut keputusan Jemaah melakukan Salat Ied pada Jumat 5 April 2024 lalu. Lalu seperti apa fakta-fakta jemaah unik ini?

1. Selalu Maju Rayakan Lebaran

Jemaah Aolia Lebaran Maju (Serambinews.com)

Nuroni menyebut jemaah Aolia sering merayakan lebaran lebih dulu dibandingkan pemerintah. Namun biasanya penetapan lebaran hanya sehari atau dua hari dibandingkan saat lebaran tahun ini yang sangat maju sampai lima hari.

2. “Telepon” Allah SWT

Sebagai pemimpin di Jemaah tersebut, Mbah Benu mengatakan sudah mendapat informasi penetapan lebaran dengan menelepon Allah SWT. “Saya telepon langsung kepada Allah Ta'ala. Ya Allah kemarin tanggal 4 malam 4, Ya Allah ini sudah 29, 1 Syawal kapan? Allah hadirkan, tanggal 5 Jumat. Kalau disalahkan orang bagaimana, ya enggak apa-apa urusan Gusti Allah,” kata Mbah Benu kepada wartawan.

Namun Mbah Benu mengklarifikasi maksud “telepon” Allah SWT hanya kiasan saja. Mbah Benu menyebut sudah melakukan kontak batin dengan Allah bukan menelepon. Makanya karena berhasil melakukan kontak batin membuat ia dan jemaah sepakat untuk merayakan lebaran pada 5 April 2024 silam.

3. Menjaga Toleransi



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"