4 Fakta Menarik Goa Maria Tritis, Wisata Gunung Kidul yang Cocok Dikunjungi saat Natal

4 Fakta Menarik Goa Maria Tritis, Wisata Gunung Kidul yang Cocok Dikunjungi saat Natal

Apakah kamu pernah mendengar nama Goa Maria Tritis? Buat kamu yang belum tahu mau liburan Natal ke mana, coba deh liburan ke lokasi ini yang berada di kawasan Gunung Kidul ini. Berada di Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, spot wisata rohani ini jelas menyimpan banyak hal menarik.

Bagi yang belum tahu, Goa Maria Tritis ini sangat menarik untuk dikunjungi. Pasalnya, selain namanya yang Kristiani banget, spot ini berada di antara perbukitan karst Gunung Kidul yang menyimpan banyak pemandangan unik. Lantas, apa saja fakta menarik Goa Maria Tritis di Gunung Kidul ini? Yuk, simak info lengkapnya berikut ini.

1. Asal Usul Nama Goa Maria Tritis

1. Asal Usul Nama Goa Maria Tritis Goa Maria Tritis (via Detik)

Penamaan lokasi tidak dilakukan secara asal-asalan. Sebutan Goa Maria diberikan karena spot ini adalah destinasi wisata spiritual bagi umat Katolik. Masyarakat menggunakannya sebagai tempat melakukan ziarah pada Bunda Maria. Di sekitar lokasi juga disediakan berbagai macam peralatan beribadah, termasuk lilin untuk berdoa.

Sementara itu, kata Tritis berasal dari bahasa Jawa yakni trumatitis yang artinya menetes. Memang stalaktit yang menggantung di langit-langit Goa sering menetes air. Terlepas dari fungsinya sebagai tempat ibadah, spot ini jelas menyajikan pemandangan super keren untuk pengunjung.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"