Fakta Baru: Musik Rock Mampu Kacaukan Pertumbuhan Lingkungan dan Perilaku Hewan

Fakta Baru: Musik Rock Mampu Kacaukan Pertumbuhan Lingkungan dan Perilaku Hewan

Seorang ahli biologi menemukan sebuah fakta mengejutkan tentang musik rock. Dalam studinya yang dimuat dalam jurnal Evolution and Ecology, musik rock dapat berdampak pada lingkungan.

Jurnal itu turut menjelaskan pula bahwa musik rock memengaruhi perilaku hewan dan lingkungan. Temuan ini berdasar pada berbagai musik rock yang dimainkan oleh band macam AC/DC, Guns N' Roses, hingga Lynyrd Skynyrd. 

abc.net.au

Musik-musik mereka ternyata memengaruhi bagaimana serangga menyerang hama. Dampaknya amat halus tapi signifikan, seperti pertumbuhan tanaman di masa depan. Uniknya, dampak tersebut justru tak ditemukan pada genre musik lain, meskipun musik diputar dengan volume sekeras musik rock.

Tim penelitian menggunakan kepik untuk menguji bagaimana musik berdampak pada cara kepik mengonsumsi kutu daun. Termasuk juga hama yang menyerang tanaman kedelai. 

Kepik-kepik itu diperdengarkan beragam musik, mulai dari rock, country, dan folk. Kepik itu juga diputarkan "suara kota", seperti klakson mobil atau gemuruh di dalam kota. Suara-suara itu diputar dalam kekuatan 95 hingga 100 desibel, setara dengan kebisingan mesin pemotong rumput.

downvids.net

Hasilnya mengejutkan. Musik country milik Willie Nelson misalnya, tak mengubah perilaku kepik. Namun, musik rock kencang malah membuat nafsu makan kepik menurun. Kepik-kepik itu hanya memakan setengah dari jumlah kutu yang disediakan. 

Di lain pihak, tanaman kedelai juga mengalami penurunan pertumbuhan hingga 25 persen saat mereka mendengarkan musik rock. Dengan begitu, musik rock terbukti menimbulkan polusi suara yang berdampak pada lingkungan. Terutama mengganggu sistem jaringan makanan, tulis ketua tim peneliti, Brandon Barton.

Selain kepik, cara burung menyebar biji-bijian saat terbang pun ikut berubah. Semua ini akibat dari polusi suara yang cukup jelas mengganggu kontrol biologis.

Dugaan Brandon, semua itu diakibatkan oleh suara bass yang berat dalam genre musik tersebut. Getaran bass dapat menimbulkan respons anti-predator. Bass akan mengganggu kemampuan predator untuk mendeteksi mangsanya.

soundreview.org

Brandon menambahkan, kepik punya peran untuk membasmi kutu daun. Jika musik rock diperdengarkan terus dan nafsu makan mereka berkurang, petani perlu menggunakan pestisida lebih banyak demi melindungi tanaman. Demikian, implikasi terhadap lingkungan cukup terasa dalam hal ini, termasuk juga perekonomian.

Jika ditarik mundur, penelitian ini bahkan berawal dari klaim band AC/DC asal Australia yang mengatakan bahwa musik rock tidak akan menimbulkan polusi suara. Klaim tersebut dibantah oleh temuan Brandon yang adalah juga penggemar band AC/DC.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"