Emangnya Berpegangan Tangan Ada Manfaatnya Juga Ya Buat Tubuh Kita?

Emangnya Berpegangan Tangan Ada Manfaatnya Juga Ya Buat Tubuh Kita?

Kalo inget pegangan tangan dengan orang lain jadi inget dua hal. Pertama, inget gandengan tangan dengan orang tua waktu kita masih kecil. Kedua, inget betapa deg-degannya kita pas pertama kali gandengan sama gebetan. Hehehe.

Nah, berpegangan tangan sebenarnya adalah komunikasi non verbal yang diyakini paling efektif dalam menunjukkan persahabatan. Umumnya sih dilakukan oleh perempuan, kalo laki-laki yang gandengan nanti malah dikira .... Padahal belom tentu begitu gengs.

Di samping itu, sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa kita dapat dengan berpegangan tangan lho. Manfaat kesehatan buat tubuh kita terutama.

Nah, dikutip dari IDN Times, kita simak deh nih manfaat berpegangan tangan buat tubuh kita.

1. Menurunkan tekanan darah

1. Menurunkan tekanan darah Tekanan darah bisa turun nih (healthline.com)

Berdasarkan sebuah studi yang dilakukan Behavioral Medicine, berpegangan tangan dengan orang yang kita cintai bisa menurunkan tekanan darah loh.

Ini terjadi karena waktu kita menggenggam jari orang yang kita sayangi, tubuh kita akan meresposns dengan menciptakan rasa nyaman di hati. Dan karena itulah tekanan darah kita bisa turun.

2. Meredakan rasa nyeri

2. Meredakan rasa nyeri Kalo nyeri begini berarti mesti berpegangan tangan tuh, hehe (abcnews.go.com)

Penelitian lain yang terbit dalam Journal Psychological Science menemukan fakta bahwa berpegangan tangan memiliki manfaat fisiologis loh. 

Ketika kita berpegangan tangan dengan pasangan atau siapapun mereka, itu akan memberikan efek anestesi. Karena itu nyeri secara fisik akan berkurang.

3. Mengurangi stres

3. Mengurangi stres Gandengan tangan deh, stres hilang (nbcnews.com)

Dr. James Coan dari University of Virginia, Amerika Serikat, mengungkapkan jika gestur yang terjadi saat berpegangan tangan dapat mempengaruhi hormon stres: kortisol. 

Saat sedang stres, efek gestur sederhana yang muncul itu bisa memberikan dukungan dan rasa nyaman. Makanya, otak dan tubuh jadi lebih rileks dan kadar stres akan turun dengan sendirinya.

4. Memberikan rasa aman

4. Memberikan rasa aman Mereka akan merasakan aman saat berpegangan tangan (raelenebyrne.com)

Berpegangan tangan merupakan kegiatan sederhana yang bisa jadi sumber kekuatan dan kenyamanan bagi anak-anak. Ini terjadi karena genggaman tangan bisa menghilangkan rasa takut yang muncul. Makanya mereka akan lebih mudah menghadapi masalah yang sedang terjadi.

5. Ikatan cinta kalian lebih kuat

5. Ikatan cinta kalian lebih kuat Ikatan cinta bakal lebih kuat gengs (unsplash.com)

Ketika kita menggenggam pasangan, tubuh kita akan mengeluarkan hormon oksitosin yang berperan penting untuk memperkuat empati dan komunikasi antar-pasangan.

Inilah faktor utama jika kalian ingin memiliki hubungan jangka panjang dan selalu bahagia. Pegangan tangan juga akan membuat ikatan yang terjalin jadi semakin erat. Lebih romantis gitu gengs.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"